Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dirgahayu KPLP ke-51 dan Pangkalan PLP ke-36 Diisi dengan Simulasi serta Atraksi
Oleh : Harjo
Jum\'at | 08-03-2024 | 14:44 WIB
KPLP-01.jpg Honda-Batam
Dirgahayu KPLP ke-51 dan Dirgahayu Pangkalan PLP ke-36 di Dermaga Pangkalan PLP Tanjunguban, Jumat (7/3/2024). (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dirgahayu Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) ke-51 dan Dirgahayu Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP) ke-36, dirayakan dengan meriah di Dermaga Pangkalan PLP Tanjunguban, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, Jumat (8/3/2024).

Perayaan ini juga diisi dengan simulasi dan atraksi dari personel Pangkalan PLP Tanjunguban. Dalam simulasi yang digelar, ditampilkan sebanyak tiga orang perampok menyandra Kapal Negara (KN) Kalimasadha-P.115 milik KPLP di Perairan Tanjunguban, Bintan.

Di mana, sejumlah personel Pangkalan PLP Tanjunguban langsung turun untuk menyelamatkan anak buah kapal (ABK) yang melaporkan kejadian tersebut. Personel bersenjata lengkap langsung menyisir keberadaan tiga perampok tersebut.

Meski ada perlawanan hingga terjadi pembakaran di bagian belakang kapal, ketiga pelaku berhasil dilumpuhkan. Selanjutnya, Tim SAR datang langsung memadamkan api yang sempat membakar bagian belakang kapal.

Simulasi personel KPLP melumpuhkan perampok yang sempat mengambil alih KN Kalimasadha-P.115 di Perairan Tanjunguban, Jumat (8/3/2024). (Foto: Harjo)

Selain itu, ada sejumlah atraksi dari DWP Pangkalan PLP Tanjunguban dan atraksi dari Persaudaraan Setia Hati terate (PSHT) Ranting Bintan Utara serta Drum Band.

Direktur KPLP, Jon Kenedi, menyampaikan pihaknya optimis dalam menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran untuk menuju zero eksiden. Negara Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki kurang lebih 17 ribu pulau, yang terbentang dari Sabang hingga Merauke.

"Dengan luasnya wilayah, berbagai potensi rawan tindak pidana kejahatan wilayah maritim. Tantangan yang dihadapi tidak dapat ditangani oleh satu kementerian atau lembaga saja. Tetapi, sinergitas yang baik diperlukan untuk memberikan akses damai kepada kapal-kapal yang melintas di seluruh laut kepulauan Indonesia," katanya.

PSHT Bintan Utara melakukan atraksi, rangkaian acara Dirgahayu KPLP ke-51 dan Dirgayahu Pangkalan PLP ke-36 di Dermaga Pangkalan PLP Tanjunguban, Kabupaten Bintan, Jumat (8/3/2024). (Foto: Harjo)

Dijelaskan, KPLP memegang peranan yang sangat vital dalam menjaga keamanan, dan kedaulatan perairan merupakan garda terdepan, dalam melindungi Sumber Daya Alam (SDA) dan memastikan keamanan maritim serta menegakkan hukum di laut.

"KPLP selalu bekerja dengan penuh dedikasi dan pengabdian, dalam menghadapi tantangan yang beragam dari melawan gangguan pelayaran hingga menangani kecelakaan kapal yang mengancam lingkungan. Kita optimis menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran, termasuk untuk angkutan menghadapi lebaran 1445 H," paparnya.

Editor: Gokli