Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kominfo Ajak Pelaku Usaha Selaraskan Bisnis dengan VID 2045
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 08-03-2024 | 12:04 WIB
VID-20451.jpg Honda-Batam
Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, dalam IPSOS Marketing Summit 2024 di Jakarta Selatan, Rabu (06/03/2023). (Kominfo)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika telah merilis Visi Indonesia Digital 2045. Dokumen itu merupakan konsep perencanaan jangka panjang di bidang digital untuk mengorkestrasi kepentingan stakeholders dengan perspektif sektoral dan kewilayahan.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, mengajak pelaku usaha nasional menyelaraskan arah kebijakan dan langkah strategis dalam pemanfaatan maupun pengembangan teknologi digital, ia mengajak para pelaku usaha untuk bersama-sama mempersiapkan diri menyambut berbagai megatrend yang ada saat ini.

"Karena perubahan yang begitu cepat, perubahan yang harus kita antisipasi dan kemampuan adaptasi yang terus-menerus kita persiapkan untuk membuat Indonesia yang makin digital dan Indonesia yang makin maju," ungkapnya dalam IPSOS Marketing Summit 2024 di Jakarta Selatan, Rabu (06/03/2023), demikian dikutip laman Kominfo.

Menurut Menteri Budi Arie, Pemerintah Indonesia senantiasa berupaya menyusun strategi kebijakan yang tepat, adaptif dan visioner sembari menyediakan ruang kebijakan yang memadai guna terus mengembangkan ekosistem digital Indonesia.

"Lewat Visi Indonesia Digital 2045, Kominfo menawarkan rute alternatif guna memperkaya strategi yang sudah ada serta mendorong transformasi digital lintas sektoral," ujarnya.

Visi Indonesia Digital 2045 memberikan visi, misi, sasaran dan strategi pembangunan digital untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Dengan dokumen itu, pelaku industri nasional dapat berperan dalam kemajuan ekosistem digital Indonesia.

"Dokumentasi itu menyoroti berbagai megatrend yang muncul agar pemanfaatan teknologi digital dapat membawa lompatan kemajuan bagi Indonesia untuk menjadi salah satu dari 10 negara dengan perekonomian terkuat di Tahun 2045 mendatang," tegas Menkominfo.

Berkaitan dengan pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial atau Artificial Intelligence (AI), Menteri Budi Arie mendorong agar pelaku usaha mengoptimalkan peluang untuk penyusunan perencanaan bisnis termasuk pemasaran. Oleh karena itu, setiap pelaku usaha perlu memitigasi risiko dengan mengedepankan prinsip-prinsip penggunaan teknologi yang aman, sesuai, bahkan lebih dari regulasi dan beretika.

Menkominfo mengingatkan agar pelaku industri memahami tantangan pemanfaatan teknologi digital dan AI. "Mulai dari etika pemanfaatan, ketersediaan SDM berkualitas serta tuntutan untuk menyiapkan infrastruktur yang sesuai dengan standar," tandasnya.

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengapresiasi penyelenggaraaan IPSOS Marketing Summit 2024 dan mendorong pengembangan inovasi sejalan dengan upaya Pemerintah mempercepat transformasi digital nasional.

"Kegiatan hari ini yakni menjembatani perspektif antar generasi untuk mendorong Inovasi dan pertumbuhan saya rasa menjadi sangat relevan untuk lebih lagi dalam upaya untuk mewujudkan transformasi digital Indonesia," ungkapnya.

Dalam acara tersebut hadir CEO APEC IPSOS Hamish Monro, Director and National Technology Officer Microsoft Panji Wasmana, dan perwakilan perusahaan nasional.

Editor: Gokli