Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TP-PKK Kepri dan Tanjungpinang Ikut Gerakan Tanam Cabai Nasional Serentak
Oleh : Redaksi
Selasa | 05-03-2024 | 13:24 WIB
tanam-cabai1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

TP-PKK Kepri dan TP-PKK Tanjungpinang, saat mengikuti Gerakan Tanam Cabai Nasional (Gertam) serentak pada peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 tahun 2024, Senin (4/3/2024). (Kominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang mengikuti Gerakan Tanam Cabai Nasional (Gertam) serentak pada peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 tahun 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kebun PKK Kota Tanjungpinang, Senin (04/3/2024), yang dihadiri Sekretaris I TP-PKK Provinsi Kepri, Afitri Susanti, serta Sekretaris I TP-PKK Kota Tanjungpinang, Syamilatul Khariroh.

Selain itu, hadir juga pengurus TP-PKK Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang, serta Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kota Tanjungpinang.

Dalam kegiatan ini, sedikitnya ada 100 bibit cabai yang ditanam oleh para peserta. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk memasyarakatkan budaya menanam cabai di pekarangan rumah tangga, sehingga dapat meningkatkan kemandirian pangan dan menekan harga cabai di pasaran.

"Harapan kami dengan adanya gerakan tanam cabai secara serentak bisa menekan harga cabai. Kalau setiap rumah minimal ada 2 atau tiga pohon cabai saja, setidaknya konsumsi pangan untuk rumah tangga bisa dari mandiri," ujar Afitri Susanti, dalam sambutannya, demikian dikutip laman Dinas Kominfo Kepri.

Ia juga menambahkan, TP-PKK se-Provinsi Kepri akan terus memotivasi dan menggalakkan Gertam untuk keluarga-keluarga, paling tidak dapat dimanfaatkan untuk konsumsi rumah tangga, sehingga dapat melakukan penghematan belanja dapur.

Sementara itu, acara ini juga diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting yang diikuti oleh TP-PKK seluruh Indonesia. Acara ini dipusatkan di Alun-alun Cirimekar, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang menjadi tuan rumah pencanangan Gertam yang dirangkaikan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52.

Acara ini dihadiri oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo; Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan juga Istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayani. Dalam acara ini, sedikitnya ada 1.000 bibit cabai yang diserahkan kepada TP-PKK Kabupaten Bogor.

Editor: Gokli