Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Ansar Kukuhkan Pengurus FORARI Periode 2023-2025
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 01-03-2024 | 15:24 WIB
Pengurus-FORARI.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, bersama pengurus FORARI periode 2023-2025, usai pengukuhan di Gedung Daerah Tanjungpinang, Jumat (1/3/2024). (Kominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Ansar Ahmad mengukuhkan Ketua beserta 19 pengurus Forum Anak Provinsi Kepulauan Riau (FORARI) periode 2023-2025 di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Jumat (1/3/2024).

M Fahri Al Zaffan menggantikan Azwan Rifa'i menjadi Ketua FORARI yang baru. Sementara itu Azwan Rifa'i beserta pengurus FORARI yang lama menjadi Fasilitator FORARI.

Gubernur Ansar menyoroti peran vital anak-anak dalam mewujudkan masa depan Provinsi Kepri. Dengan fakta bahwa 1/3 dari populasi Provinsi Kepri adalah anak-anak. Untuk itu, Gubernur Ansar menekankan pentingnya memajukan potensi dan peran anak untuk membangun Kepri yang lebih baik.

"Masa depan Kepulauan Riau sangat tergantung pada generasi muda kita. Untuk itu, kita harus memastikan bahwa setiap anak tumbuh sehat, mendapatkan pendidikan terbaik, memiliki identitas dan dilindungi dengan penuh kasih sayang," kata Gubernur Ansar, demikian dikutip laman Dinas Kominfo Kepri.

Dalam konteks ini, FORARI didukung sebagai mitra kunci pemerintah dalam upaya memperkuat peran anak-anak. Gubernur Ansar merinci peran FORARI sebagai Pelopor dan Pelapor, menekankan pentingnya partisipasi anak-anak dalam perencanaan pembangunan.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga menunjukkan komitmen terus-menerus dalam perlindungan anak, menggabungkan upaya Promotif dan Preventif melalui Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) dan upaya Kuratif dan Rehabilitatif melalui Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPT PPA).

"Partisipasi anak-anak sangat penting dalam proses pembangunan. Juga FORARI diharapkan menjadi wadah yang efektif untuk menyuarakan pandangan serta kebutuhan anak-anak di Kepulauan Riau. Pemerintah akan terus mendorong Forum Anak dan Komunitas Peduli Anak untuk terus berperan dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kepulauan Riau," ujarnya.

Terakhir, Gubernur Ansar memberikan apresiasi kepada pengurus FORARI periode sebelumnya dan menyambut pengurus baru dengan harapan agar mereka melanjutkan program unggulan dan menghadirkan inovasi baru.

"Saya mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru dilantik. Jadilah inspirasi bagi anak-anak di Kepulauan Riau, menjaga nama baik organisasi, dan bekerja sama dengan semua pihak, termasuk Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, untuk mewujudkan pemenuhan hak anak dan Kepulauan Riau yang Layak Anak," tutupnya.

Turut hadir dalam pengukuhan ini, Pangkogabwilhan I diwakili Waspotwil, Danrem 033/Wirapratama diwakili Kasiter Korem, Kajati Kepri diwakili Wakajati Kepri, Ketua Pengadilan Tinggi Kepri diwakili Hakim Tinggi, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kepri diwakili Hakim Tinggi, Kapolda Kepri diwakili Kapolresta Tanjungpinang, Pangkoarmada I diwakili Potmar Koarmada l, Kabinda Kepri diwakili Korwil ll Binda Kepri, Danlanud RHF Atau Yang Mewakili, Tim Percepatan Pembangunan Kepri Sarafuddin Aluan dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kepri.

Editor: Gokli