Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wakil Ketua DPR Dukung Terbentuknya GKSB Ekuador
Oleh : surya
Senin | 01-10-2012 | 13:41 WIB
anis_matta.jpg Honda-Batam
Wakil Ketua DPR Anis Matta.

JAKARTA, batamtoday - Wakil Ketua DPR Anis Matta mendukung penuh terbentuknya Group Kerjasama Bilateral (GKSB) Parlemen Indonesia-Ekuador. pasalnya, sampai sekarang ini belum terbentuk group kerjasamanya. 


"DPR akan segera membentuknya dalam minggu ini," terang Anis Matta kepada Dubes Alberto Calderon, di Gedung DPR, Senin, (1/10/2012).

Menurut Anis, tujuan dibentuknya GKSB ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antar kedua negara. "kita harapkan dapat cepat terbentuk, dan akan segera dibicarakan di BKSAP," ujarnya.

Dubes ekuador Alberto Calderon Ledesma mengharapkan peningkatan hubungan kedua negara dapat didorong melalui kerjasama antar parlemen. "Kita ingin memperkuat hubungan parlemen dalam rangka demokrasi, HAM dan sebagainya," paparnya.

Sebelumnya saat pertemuan dengan Ketua DPR Marzuki Alie, Dubers Alberto Calderon Ledesma menyerahkan surat dari Ketua Parlemen Ekuador. pada kesempatan itu, dia meyakini hubungan erat legislatif diharapkan dapat memperkuat hubungan bilateral kedua negara. Pada bagian lain ia juga mengingatkan tentang realisasi rencana kunjungan parlemen Indonesia ke negaranya.

“Saya mencatat delegasi parlemen Indonesia yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Anis Matta sudah akan berkunjung beberapa waktu lalu, namun karena sesuatu hal ditunda. Kami berharap rencana tersebut dapat segera diwujudkan,” ujarnya kepada Ketua DPR Marzuki Alie saat itu.

Hubungan Indonesia-Ekuador sejauh ini pada tingkat pemerintahan sudah berjalan baik. Perdagangan kedua negara saat ini terus tumbuh, dari USD 44,2 juta di tahun 2007 menjadi USD 96,6 juta pada tahun 2011, dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 19,8% per tahun. Setelah melakukan dua kali reformasi agraria negara bekas jajahan Spanyol ini terus tumbuh dan saat ini tercatat menjadi pengekspor pisang nomor satu di dunia.