Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menteri Bappenas RI Sanggupi Penyelesaian Penataan Pulau Penyengat
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 23-02-2024 | 13:48 WIB
AR-BTD-3726-Gubernur-Ansar.jpg Honda-Batam
Menteri Bappenas RI, Suharso Manoarfa bersama Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, Kamis (22/2/2024) di Jakarta. (Kominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pertemuan antara Gubernur Kepulauan Riau, H Ansar Ahmad dengan Menteri Bappenas RI, Suharso Manoarfa pada Kamis (22/2/2024) membahas tindak lanjut penyelesaian penataan Pulau Penyengat.

Dalam kesempatan ini, Menteri Suharso Manoarfa merespon positif hajat Gubernur Ansar dalam rangka menindaklanjuti upaya penyelesaian penataan Pulau Penyengat yang tersidi dari pembangunan jalan lingkar dan saran lainya, serta pembangunan Tugu Bahasa.

"Alhamdulillah dari pertemuan singkat tadi berjalan lancar dan apa yang menjadi keinginan kita terkait penyelesaian penataan Pulau Penyengat disanggupi oleh Pak Menteri. Kita akan berupaya terus mewujudkan apa-apa yang menjadi mimpi masyarakat, terutama dalam upaya mempercantik Pulau Penyengat sebagai pulau bersejarah yang ada di Tanjungpinang," kata Ansar, demikian dikutip laman Dinas Kominfo Kepri.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi Kepri sebelumnya telah mengajukan kepada Pemerintah Pusat melakui Bappenas anggaran sebeaar Rp 93 miliar untuk melanjutkan menata Pulau Penyengat di tahun 2024 ini. Dana tersebut sebesar Rp 35 miliar untuk perbaikan sarana prasarana Balai Adat, Rp 33 miliar untuk lanjutan penataan jalan lingkar dan sebesar Rp 25 miliar untuk pembangunan Monumen Bahas Nasional.

"Kita perlu dukungan doa dari masyarakat agar usaha kita untuk menata Pulau Penyengat ini dimudahkan dan dilancarkan. Kita tau APBD kita terbatas, makanya kita mengadukannya kepada Pemerintah Pusat. Kita patut bersyukur karena permintaan masyarakat ini dikabulkan, sehingga nanti Penyengat akan lebih tertata, lebih rapi, lebih cantik dan lebih memikat para wisatawan," pungkas Ansar.

Editor: Gokli