Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadi Agenda Tahunan, KDEKS Kepri Bakal Gelar Festival Halal Fair 2024 Maret Mendatang
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 23-02-2024 | 13:08 WIB
AR-BTD-3724-KDEKS-Kepri.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Rakor persiapan Halal Fair 2024 bertajuk

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Provinsi Kepulauan Riau sebagai salah satu dari 24 provinsi di Indonesia yang telah mendirikan Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah (KDEKS) direncanakan akan melaksanakan Festival Halal Fair 2024 pada bulan Ramadhan tahun ini.

Acara akan bertajuk 'Kepri Ramadan Fest 2024'. Hal tersebut disimpulkan dalam rapat koordinasi persiapan pelaksanaannya yang dilaksanakan pada Rabu (21/2/2024) dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kepri, Luki Zaiman Prawira di Ruang Rapat Balairung Raja Ali Kelana Pulau Dompak Seri Darul Makmur Lantai 4.

Rakor ini merupakan tindak lanjut rapat bersama Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) tanggal 24 Januari 2024, di mana 24 provinsi yang sudah mendirikan KDEKS termasuk Provinsi Kepulauan Riau, agar melaksanakan Festival Halal Fair 2024 pada Bulan Ramadhan. Kemudian melanjutkan hasil rapat koordinasi pada tanggal 12 Februari 2024 di Ruang Rapat Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau di Kota Batam, maka Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau perlu mempersiapkan rencana kegiatan dimaksud.

Luki mengatakan, pelaksanaan Festival Halal Fair 2024 di Provinsi Kepulauan Riau ini rencananya akan dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin, selaku Ketua Harian KNEKS. "Untuk itu kita perlu mempersiapkan kegiatan dimaksud dan mengirimkan data konfirmasi kegiatan kepada Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah," ucapnya, demikian dikutip laman Dinas Kominfo Kepri.

Menurut Luki, kegiatan akan dilaksanakan di Gedung Daerah, Tugu Sirih Gurindam 12 dan Jalan Merdeka Kota Lama Tanjungpinang. Acara akan dilaksanakan selama 10 hari mulai hari Jumat tanggal 15 - 24 Maret 2024.

"Dengan acara yang masif dan padat, kita menargetkan pengunjung di atas 10.000 orang. Jumlah Tenant atau UMKM yang meramaikan acara diperkirakan 300 UMKM Grade 1," ungkap Luki.

Pemprov Kepri berencana menjadikan Kepri Ramadan FEST sebagai agenda rutin setiap tahun dari Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kepulauan Riau.

Adapun rincian kegiatan akan dibagi dalam 3 kelompok besar yakni Kompetisi Sumatera (hasil kompetisi ini akan mengikuti kompetisi di FESYAR Sumatera di Bulan Mei 2024 sejalan dengan kegiatan MTQ), Kompetisi Lokal, dan kegiatan lainnya.

Editor: Gokli