Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banyak Kesamaan Budaya Antara Batam dengan Kula Lumpur

Penerbangan Batam-KL Malaysia Dibuka, Nuryanto: Ini Peluang Wisata Budaya dan Religi
Oleh : Aldy
Sabtu | 17-02-2024 | 14:04 WIB
AR-BTD-5078-Nuryanto.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua DPRD Batam, Nuryanto, usai menghadiri inaugurasi penerbangan perdana Batam - KL di Bandara Hang Nadim, Sabtu (17/2/2024). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua DPRD Batam, Nuryanto mengapresiasi PT Bandara Internasional Batam (BIB) --pengelola Bandara Internasional Hang Nadim-- yang sudah membuka rute penerbangan Batam - Kuala Lumpur, Malaysia, pulang pergi tiga kali sepekan.

Menurutnya, langkah ini akan berdampak pada peluang peningkatan pariwisata budaya dan religi untuk Batam dan KL Malaysia.

"Batam dan Malaysia itu banyak kesamaan budaya dan religi, artinya ini peluang bagi keduanya untuk meningkatkan wisatawan," kata Nuryanto, usai menghadiri inaugurasi penerbangan perdana Batam - KL di Bandara Hang Nadim, Sabtu (17/2/2024).

Lanjut Nuryanto, DPRD Batam mendukung penuh PT BIB dan BP Batam sebagai perwakilan pemerintah dalam memberikan pelayanan di bidang transportasi udara. Sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga, rute internasional sangat dibutuhkan.

Nuryanto juga menilai, pembukaan rute pernerbangan internasional baru ini, tidak hanya bermanfaat bagi peningkatan ekonomi, akan tetapi penerbangan ini juga akan menjadi jalur bisnis bagi kedua negara. "Secara multi, ini sangat berpengaruh pada kebangkitan ekonomi, dan masyarakat diharapkan dapat menikmati manfaat dari rute baru ini," katanya.

Ia menambhakan, dengan dukungan dari berbagai pihak, bukan tidak mungkin, penerbangan yang awalnya hanya 3 kali dalam sepekan, bisa menjadi penerbangan reguler setiap hari Batam - KL Malaysia. "Pastinya sebagai operator, maskapai akan berhitung bisnis. Kalau penumpang ramai, bukan tidak mungkin ini bisa menjadi setiap hari," ujar Politisi PDIP ini.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Ardiwinata, menyampaikan dengan dibukanya rute baru ini, Pemko Batam optimis bisa meraih target 2 juta kunjungan wisatawan di 2024.

Menurutnya, aksebilitas seperti ini hal yang utama dalam mendukung kunjungan wisatawan. Terlebih, saat ini, sudah ada tiga negara dengan penerbangan langsung, yakini dari Batam menuju Korea, China dan Malaysia, begitu juga sebaliknya.

"Dari segi fasilitas kita siap, ada 273 hotel di data kami di Batam, belasan ribu restoran yang tersebar, belum lagi hiburan, hampir setiap sudut Kota Batam sudah ada. Lebih dari 130 atraksi wisata akan digelar 2024 ini. Artinya kita siap menyambut 2 juta kunjungan wisatawan," pungkas Ardiwinata.

Editor: Gokli