Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Idul Kurban, Singapura Datangkan 2.200 Kambing
Oleh : Redaksi/M
Sabtu | 29-09-2012 | 11:54 WIB
kambing_kurban.jpg Honda-Batam
Ilustrasi: Kambing kurban

SINGAPURA, batamtoday - Menjelang perayaan hari raya Idul Kurban tahun ini, pemerintah Singapura berencana mendatangkan sebanyak 2.200 ekor kambing. Dari total itu, akan didistribusikan ke 16 Masjid yang sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan audit resmi pemerintah. 


Pemasok hewan kurban yang memenuhi kualifikasi, Mini Environment Services, menjadwalkan pada 25 Oktober mendatang kambing-kambing itu sudah dikirim dari Australia.

Kepada media setempat, Jawatankuasa Korban Masjid-masjid Singapura (JKMS), Mohd Saat Matari, Sabtu(29/9/2012), mengungkapkan, dalam pendistribusian binatang kurban, pihaknya akan mengikuti aturan sebagaimana ditetapkan pemerintah. Masjid yang memenuhi persyaratan akan diberikan kuota sesuai dengan kebutuhannya. Sedangkan Masjid yang tidak masuk kriteria sebaiknya mencari solusi lain.

"Dengan total 16 yang mendapat sertifikasi, ini berarti beberapa Masjid harus rela digabungkan saat menjalankan ibadah kurban," katanya.

Untuk harga kambing sendiri, per ekor dipatok senilai S$465 atau berkisar Rp3,5 juta (kurs Rp 7.700 per dollar). Jika dibandingkan dengan harga tahun 2011 lalu, harga tahun ini mengalami kenaikan sebesar 5 persen. 

"Kenaikan ini lebih disebabkan tingginya biaya pengurusan sistem jaminan ekspor dari Australia (Escas) asal kambing-kambing itu didatangkan," jelas Saat Matari.

Sekedar catatan, tahun 2011 lalu Singapura mendatangkan 4000 ekor kambing untuk kebutuhan kurban. Namun dari total 32 Masjid yang ada, hanya 16 yang lulus audit membuat jumlah kebutuhan menjadi terpangkas setengah.