Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TNI-Polri Kawal Distribusi Logistik Pemilu 2024 ke Kecamatan Tambelang Bintan
Oleh : Syajarul Rusydy
Selasa | 13-02-2024 | 15:24 WIB
AR-BTD-3672-TNI-Polri-Bintan.jpg Honda-Batam
Pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke pulau-pulau di Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bintan, dikawal ketat personel TNI - Polri, Selasa (13/2/2024).

Terdapat tiga pulau yang harus disalurkan. Penyaluran pun dilakukan dengan kapal kayu dan kapal viber.

Butuh proses yang sangat sulit dalam penyaluran ke tiga pulau di Kecamatan Tambelan itu. Pasalnya, selain harus melalui jalur laut, daerah yang dituju tersebut tidak memiliki pelabuhan khusus.

Kapolsek Tambelan, Ipda Taufik, mengatakan Polres Bintan dan Polsek Tambelan serta TNI memastikan logistik Pemilu ini, sampai tepat waktu di TPS yang dituju. Sedikitnya ada tiga pulau yang menjadi sasaran penyaluran logistik Pemilu ini.

"Jarak tempuh terdekat yaitu Desa Mentebung yang ditempuh selama 4 jam lebih, Desa Pulau Pinang ditempuh selama 6 jam lebih," beber Ipda Taufik.

Selain itu, ada pula Desa Pengekek ditempuh selama 8 jam perjalanan laut, dengan kapal masyarakat. Logistik diberangkat pada dini hari dengan tujuan agar lofistik tersebut sampai di PPS pada pagi hari.

"Untuk logistik yang diangkut ke-3 desa tersebut, kapal pengangkutnya tidak bisa bersandar karena tidak adanya pelabuhan pada ke-3 desa," kata Kapolsek.

Setelah kapal pengangkut sampai hanya berlabuh di sekitar pantai, selanjutnya logistik tersebut diangkut lagi dengan menggunakan pompong atau boat pancung, agar bisa merapat ke pantai, selanjutnya baru dibawa ke PPS dengan digendong atau dipikul oleh petugas.

"Alhamdulillah, seluruh logistik Pemilu untuk ke-3 desa tersebut telah sampai di PPS masing-masing dalam keadaan baik dan tidak ada yang rusak," sebut Taufik.

Di samping itu, Kapolres Bintan, AKBP Riky Iswoyo, mengimbau kepada masyarakat yang telah terdaftar dalam daftar pemilih agar menggunakan hak pilihnya besok pada hari Rabu (14/2/2024).

Selanjutnya Kapolres juga berpesan kepada personel yang melaksanakan tugas pengamanan saat hari pencoblosan agar tetap menjaga netralitas. "Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, jaga kesehatan dan tetap semangat dalam pelaksanaan pengamanan pesta demokrasi ini," pesan AKBP Riky Iswoyo.

Editor: Gokli