Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mabes Polri Tegaskan Informasi Kapolri Tidak Netral di Pemilu 2024 Hoax
Oleh : Redaksi
Senin | 12-02-2024 | 10:00 WIB
kapolri_listyo_b2.jpg Honda-Batam
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Mabes Polri menegaskan video yang beredar di media sosial yang menyatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tidak netral dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 adalah hoax.

Adapun video tersebut berisi Kapolri Listro Sigit memerintahkan direktur bina masyarakat (dirbinmas) polda dan jajarannya tanpa surat telegram rahasia (STR) dan hanya melalui telepon ke para kapolda.

"Bahwa terkait informasi tersebut tidak benar atau hoax, sejak minggu lalu di media sosial, Polri sudah berikan keterangan tertanda hoax," kata Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/2/2024).

Sandi menuturkan, masyarakat diminta tidak memercayai informasi yang beredar di media sosial tanpa mengecek terlebih dahulu.

"Masyarakat jangan termakan informasi yang tidak jelas kebenarannya dan jangan menyebarkan kembali informasi yang tidak benar," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Sandi menegaskan, Polri akan tetap netral menjaga pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan aman, damai, dan bermartabat. "Berkali-kali Kapolri menyatakan Polri netral dalam pelaksanaan pemilu," imbuhnya.

Sebelumnya beredar di media sosial, Kapolri mengerahkan fungsi binmas sebagai instrumen pemenangan pemilu melalui sistem door to door oleh Bhabinkamtibmas. Selain itu, memanfaatkan sarana ibadah sebagai wadah pengelolaan untuk memenangkan salah satu paslon.

Selain itu, meminta bantuan dana dari para pengusaha badan usaha jasa pengamanan (BUJP) yang merupakan kolega Direktorat Binmas di wilayah masing-masing.

Editor: Dardani