Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bawaslu Karimun Tertibkan APK dan Gelar Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Jelang Pemilu 2024
Oleh : Freddy
Minggu | 11-02-2024 | 14:32 WIB
penerriban_apk_karimun.jpg Honda-Batam
Ketua Bawaslu Karimun Muhammad Iskandar melakukan penertiban APK pada saat masa tenang di Karimun (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun memimpin penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) saat masa tenang di Kabupaten Karimun guna menjaga situasi kondusif menjelang pelaksanaan pemilu 2024, Minggu (11/2/2024).

Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) dilakukan Bawaslu Karimun bersama pihak Kepolisian dari Polres Karimun,Satpol PP ,Kesbangpol, Panwascam yang dimulai dari depan panggung putri kemuning Coastal Area, sepanjang jalan Coastal Area, jembatan kuning, indo PN, arah Bandara, Simpang GOR Badang Perkasa, jalan poros, RSUD Muhammad Sani dan sejumlah titik lainnya dan berakhir di kantor Bawaslu Karimun.

Sebelum dilakukan penertiban APK dimasa tenang ,Bawaslu Kabupaten Karimun menggelar apel siaga pengawasan masa tenang pemilu 2024 di Coastal Area Tanjungbalai Karimun Kabupaten Karimun, Minggu (11/2/2024).

Dalam apel Siaga tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Muhammad Iskandar yang akrab dipanggil dengan panggilan Iskann bertindak sebagai pembina apel.

Muhammad Iskandar dalam apel tersebut menyampaikan bahwa kita hadir disini dalam rangka menyelenggarakan apel siaga pengawasan dalam masa tenang dan penertiban APK dan ini sangat penting menjelang pelaksanaan pemilu 2024 yang akan menentukan masa depan.

"Di masa tenang ini mari kita ciptakan Pemilu di kabupaten Karimun dengan aman dan kondusif yang tentunya dengan melalui peningkatan sinergitas dan kolaborasi berbagai pihak dalam memperkuat komitmen dalam melakukan pengawasan dengan berpedoman pada ketentuan perundangan - undangan secara menyeluruh guna mendorong tegaknya integritas, kredibilitas , tranparansi pemilu, dan akuntabilitas hasil pemilu," ujar Muhammad Iskandar

Muhammad Iskandar menambahkan masa tenang ini sangat penting karena kita berkewajiban menjaga ketenangan masyarakat dalam tahapan masa tenang ini karena masa tenang ini masyarakat sangat membutuhkan ketenangan dan kestabilan untuk memilih secara bijaksana pada pelaksanaan pemilu 2024 yang demokratis dengan berasaskan langsung, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Dalam kesempatan tersebut,Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Muhammad Iskandar menekankan 3 hal penting penting dalam menjaga ketenangan masyarakat menjelang pemilu 2024 , khususnya pada tahapan masa tenang.

Pertama yakni penegakan disiplin menjadi kunci ketenangan di masyarakat , pengawas dan petugas harus memastikan bahwa setiap pelaku pemilihan wajib mengikuti aturan yang berlaku termasuk dalam menjaga ketertiban dan ketenangan masyarakat pada saat masa tenang ini.

Kedua yakni edukasi dan informasi kepada masyarakat sangatlah penting dan kita wajib memberikan edukasi , khususnya di masa tenang ini dan memberikan informasi yang jelas dan akurat terkait aturan -aturan pada tahapan ini.

Ketiga yakni peran aktif masyarakat dalam menjaga ketenangan adalah kunci utama dan kita harus saling mengingatkan satu sama lainnya untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi atas isu-isu yang dapat menghambat jalannya pemilu.

"Penertiban apk salah satu langkah sangat penting dalam memastikan proses pemilihan umum yang bersih ,adil dan demokratis .Mari kita bersama-sama menjaga ketertiban dan kepatuhan demi terwujudnya pemilu yang bermartabat bagi kita semua," katanya.

Sementara Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan semoga dalam minggu tenang ini berjalan dengan baik dan tidak ada sampai muncul kasus hukum.

Bupati mengimbau kepada masyarakat yang punya hak pilih untuk datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya karena satu suara sangat berarti untuk menentukan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif.

"Semoga proses pemilu 2024 ,baik secara nasional, khususnya di Kabupaten Karimun berjalan dengan aman , lancar, kondusif dan pesta demokrasi ini memberikan rasa ketenangan dan kenyamanan serta menjaga martabat serta hak -hak berdemokrasi yang baik," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan apel siaga pengawasan masa tenang dan penertiban APK antara lain Bupati Karimun Aunur Rafiq, Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus,Kajari Karimun, Priyambudi, ketua KPU berserta komisioner,Sekda Karimun dan Kepala Kesbangpol.

Editor: Dardani