Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lepas Logistik Pemilu ke Hinterland, KPU Batam Pastikan Pendistribusian Rampung 12 Februari
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 07-02-2024 | 17:40 WIB
Pelepasan-distribusi-pemilu.jpg Honda-Batam
Kegiatan pelepasan distribusi logistik Pemilu 2024 oleh KPU Batam. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam melepas Logistik pemilu ke kawasan hinterland, di Gudang KPU, Sekupang, Rabu (7/2/2024).

Pelepasan logistik pemilu 2024, sekitar pukul 13.00 wib, turut disaksikan oleh seluruh komisioner KPU Batam, Pemko Batam, dan pihak Kejaksaan Negeri Batam, TNI Polri, serta instansi terkait lainnya.

"Untuk logistik di hari pertama ini ke Kecamatan Bulang, Galang," ujar Ketua KPU Kota Batam, Mawardi.

Mawardi menjelaskan, secara keseluruhan terdapat 3.241 TPS di Kota Batam, dan 337 TPS lainnya sudah mulai didistribusikan, yaitu Kecamatan Pulau Galang 62 TPS, Kecamatan Pulau Bulang 37 TPS dan Kecamatan Sei Beduk 238 TPS.

Ia juga memastikan, sebelum dikirim, pihaknya melakukan pengecekkan setiap kotak suara berisi masing-masing surat suara DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD, Presiden dan Wakil Presiden.

"Pengiriman ini dari tanggal 7 maksimal tanggal 12 Februari harus rampung dari gudang KPU Kota Batam. H-1 harus sudah ada di TPS," jelas Mawardi.

Ditambahkannya, dalam proses pendistribusian logistik Pemilu, KPU bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia. Kerja sama ini mulai dari pendistribusian sampai tahap pengembalian nanti.

"Jadi setelah proses rekapitulasi di kecamatan, nanti akan di antar balik oleh PT. Pos Indonesia. Tentu ini berbeda untuk di kecamatan, jadwalnya tidak bisa ditetapkan, karena proses rekapitulasinya di kecamatan sangat dinamis," pungkas Mawardi.

Ditempat yang sama, Asisten Pemerintahan Pemko Batam, Yusfa Hendri mengapresiasi KPU Kota Batam telah melakukan pendistribusian logistik dengan tepat waktu. Bahkan lebih mengutamakan wilayah hinterland. "Semoga pemilu tahun ini bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Editor: Yudha