Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RSUD M Sani Gelar Syukuran Predikat Paripurna Akreditasi dan Peresmian CT Scan dan Mamografi
Oleh : Freddy
Rabu | 07-02-2024 | 14:08 WIB
RSUD-M-Sani-01.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyerahkan predikat paripurna akreditasi kepada Direktur RSUD Muhammad Sani disaksikan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, dalam acara syukuran yang digelar, Selasa (6/2/2024). (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - RSUD Muhammad Sani Karimun resmi mendapat akreditasi tingkat paripurna dan penggunaan alat CT Scan dan Mamografi.

Direktur RSUD Muhammad Sani, Rosdiana, mengatakan selain lulus predikat akreditasi tingkat paripurna, RSUD Muhammad Sani Karimun juga sudah memiliki dan bisa menggunakan dua peralatan canggih yakni CT Scan dan Mammografi.

"Ini menjadi momen kita dalam menjalankan dan meningkatkan pelayanan RSUD Muhammad Sani kepada masyarakat Kabupaten Karimun," kata Rosdiana, pada acara peresmian alat CT Scan dan Mamografi, sekaligus syukuran predikat paripurna akreditasi, Selasa (6/2/2024).

Dikatakan Rosdiana, alat canggih ini didapat dari anggaran dana alokasi khusus tahun 2023 dan ini juga merupakan komitmen dan kepedulian Bupati Karimun yang terus memperhatikan komitmen pelayanan di RSUD Muhammad Sani supaya bisa menyediakan alat yang canggih tersebut bagi pelayanan kesehatan masyarakat.

Ia menjelaskan, dengan adanya alat canggih ini, tentunya sangat membantu RSUD Muhammad Sani lebih cepat dan tepat serta akurat dalam mendiagnosa berbagai kondisi kesehatan pasien sehingga dapat segera menentukan pengobatan dengan sebaik-baiknya.

"Kami optimis dengan adanya alat yang canggih ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dan besar dalam menunjang kualitas dan pelayanan kesehatan di RSUD Muhammad Sani," kata Rosdiana.

"Anggaran untuk dua alat canggih tersebut bersumber dari DAK 2023 sebesar Rp 17 miliar," imbuhnya.

Rosdiana juga menyampaikan, dari 9 Puskesmas yang dilakukan penilaian akreditasi, 6 Puskemas sudah lulus predikat akreditasi tingkat paripurna dan 3 akreditasi tingkat utama serta 3 lagi sedang dalam proses akreditasi.

Menurutnya, RSUD Muhammad Sani telah mampu membuktikan dengan pencapaian akreditasi tingkat paripurna yang suatu proses yang panjang dengan berbagai persyaratan yang wajib dipenuhi. "Ternyata kita mampu dan bisa membuktikan dengan mendapatkan akreditasi tingkat paripurna," ujarnya.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq bersama Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, saat meninjau alat CT Scan dan Mamografi di RSUD Muhammad Sani, usai acara syukuran, Selasa (6/2/2024). (Foto: Freddy)

Sementara Bupati Karimun, Aunur Rafiq, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Direktur dan manajemen RSUD Muhammad Sani yang sudah lulus predikat akreditasi tingkat paripurna dan juga sudah bisa menggunakan alat CT Scan dan Mamografi. "Dengan predikat akreditasi tingkat paripurna dan ditambah adanya alat CT Scan dan Mamografi tentunya pelayanan RSUD Muhammad Sani akan menuju perubahan yang semakin meningkat dan lebih baik lagi," harap Aunur Rafiq.

Dijelaskannya, alat CT Scan ini dulunya pernah dimiliki RSUD Muhammad Sani tetapi karena sudah rusak maka tidak bisa digunakan lagi.

Menurut Aunur Rafiq, untuk mengadakan alat canggih yang harganya mencapai belasan miliar ini tentunya terasa berat jika menggunakan APBD Kabupaten Karimun, maka dicoba diusulkan ke pusat dan Alhamdulillah akhirnya dapat melalui DAK tahun 2023 dan setelah alat CT Scan dan Mamografi sudah ada pun masih belum bisa digunakan karena menunggu keluar izin penggunaan alat tersebut.

"Alhamdulillah hari ini semuanya sudah selesai termasuk izin penggunaan dan dilakukan syukuran karena RSUD Muhammad Sani telah memiliki alat CT Scan dan Mamografi yang dapat membantu masyarakat dalam bidang kesehatan," kata Aunur Rafiq.

Adapun Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas predikat paripurna akreditasi dan ini suatu prestasi yang sempurna yang tujuan akhir untuk meningkatkan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Menurut Gubernur Ansar Ahmad, kesehatan merupakan salah satu tugas pokok yang wajib yang harus dijalankan pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten/kota. "Selain RSUD Muhammad Sani, semua Puskemas yang ada di Kabupaten Karimun ini bisa lulus predikat akreditasi tingkat paripurna karena tujuan akhir untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," harap Gubernur Ansar.

Acara peresmian CT Scan dan Mamografi yang disejalankan dengan syukuran predikat paripurna akreditasi RSUD Muhammad Sani ditutup dengan peninjauan ke ruang CT Scan dan Mamografi yang berada di gedung utama RSUD Muhammad Sani.

Editor: Gokli