Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Ansar bersama Danrem WP Cek Kesiapan Pasukan TNI untuk Pengamanan Pemilu 2024
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 02-02-2024 | 13:28 WIB
Apel-TNI-Pemilu-Kepri.jpg Honda-Batam
Gubernur Ansar Ahmad bersama Danrem 033/WP, Brigjen TNI Jimmy Watuseke saat mengecek kesiapan personel TNI dalam penanganan Pemilu 2024 di Kepri, Kamis (1/2/2024). (Kominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepulauan Riau, H Ansar Ahmad menghadiri Apel Gelar Pasukan kesiapan TNI untuk pengamanan Pemilu 2024 serentak se-Indonesia di Lapangan Engku Putri, Kota Batam, Kamis (1/2/2024).

Apel dilaksanakan secara virtual dari lapangan Taxy Way Echo Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Di Kepri, apel dipimpin Komandan Korem (Danrem) 033/WP, Brigjen TNI Jimmy Watuseke.

Di Jakarta, apel dipimpin langsung Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Mohammad Hasan dan dihadiri Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Dalam arahannya, Pangdam Jaya menekankan, dalam mengamankan mengamankan jalannya Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang, dibutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi. "Maka saya tekankan kepada prajurit agar tingkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi kemungkinan perkembangan situasi di wilayah masing-masing," ujar Mayjen TNI Mohammad Hasan, demikian dikutip laman Dinas Kominfo Kepri.

Ia pun meminta jajarannya untuk mewaspadai adanya pihak-pihak yang mencoba menganggu jalannya pemilihan pemilu. Seluruh personel juga diminta menjaga netralitas.

"Tetap memegang teguh netralitas jangan mudah terpengaruh dalam kepentingan politik praktis," jelasnya.

Usai apel, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto didampingi Mayjen TNI Mohammad Hasan memeriksa kesiapan personel. Keduanya juga menyempatkan berbincang dengan personel di beberapa kodam melalui virtual.

Di Kepri, Gubernur Ansar bersama Danrem 033/WP, Brigjen TNI Jimmy Watuseke juga menyempatkan langsung mengecek kesiapan personel dalam penanganan Pemilu di Kepri.

Gubernur Ansar menyampaikan harapannya agar Pemilu di Kepri dapat berjalan dengan aman dan damai. Ia mengapreasiasi peran TNI dalam setiap tahapan Pemilu sampai ke hari pencoblosan nanti.

"Pengamanan menjadi sektor yang penting untuk menjamin kelangsungan Pemilu yang aman dan damai. Mudah-mudahan TNI dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan profesional," ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Agus Hariadi diiwakili Asops Kogabwilhan I, Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono diwakili Kaskoarmada I, Kapolda Kepulauan Riau, Irjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah diwakili Dansat Brimobda Kepri, Kajati Kepri Rudi Margono diwakili Wakajati Rini Hartatie, Kabinda Kepulauan Riau Brigjen TNI Bonar Panjaitan diwakili oleh Kabagops Binda Kepri, Kazona Bakamla Barat Laksamana Pertama TNI Rakhmawanto diiwakili Kabidinhuler Kolonel Bakamla Budi Elyas.

Lalu hadir juga Ketua Pengadilan Tinggi Kepri Erwin Mangatas Malau diwakili Ketua Pengadilan Negeri Batam, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kepri HM Sutomo diwakili Ketua Pengadilan Agama Batam, Danlanud RHF Kolonel Pnb Andi Nur Abadi, Danlantamal IV/Batam, Wali Kota Batam, Ketua DPRD Kota Batam, Kajari Batam, Danyormar 10/SBY, Danlanud Hang Nadim Batam, dan Danyonmarhanlan.

Editor: Gokli