Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ansar Dorong Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik dan Kependidikan di Kepri
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 02-02-2024 | 13:08 WIB
Workshop-PTK-Kepri.jpg Honda-Batam
Workshop Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) se-Provinsi Kepri Tahun 2024 di Ballroom Hotel Ibis Styles, Kota Batam, Kamis (1/2/2024). (Dinas Kominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Ansar Ahmad terus mendorong peningkatan komptensi bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan SMA/SMK/SLB di Provinsi Kepri.

Apalagi guru adalah penyelenggaraan pendidikan yang akan menentukan hasil dan proses dari mutu pendidikan, yang telah dilalui peserta didik.

Penegasan tersebut disampaikan Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat memberikan sambutan secara video taping, pada kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) se-Provinsi Kepri Tahun 2024 di Ballroom Hotel Ibis Styles, Kota Batam, Kamis (1/2/2024).

Menurut Gubernur Ansar, pendidik dan tenaga kependidikan adalah garda terdepan yang akan menentukan kemajuan suatu bangsa terutama dalam memajukan pendidikan. Karena peran mendidik yang diberikan guru, akan sangat menentukan kemampuan peserta didik dalam memebentuk sikap dan kepribadian sebagai anak bangsa.

Gubernur Ansar juga berharap, setiap guru memiliki 4 bidang kompetensi guna bisa memberikan tranfer ilmu yang lebih bermanfaat bagi setiap peserta didik. Di mana guru memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

"Dengan menguasi empat itu, diharapkan setiap pendidik dan tenaga kependidikan, akan bisa menjalankan kewajiban masyarakat Indonesia," jelasnya, demikian dikutip laman Dinas Kominfo Kepri.

Tak lupa, Gubernur Ansar juga mengucapkan selamat atas pelaksanaan workshop bagi tenaga pendidik dan kependidikan. Karena pelaksanaan workhsop ini, adalah upaya nyata untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, sebagai seorang yang memiliki kompetensi memadai sebagai seorang pendidik.

Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Kepri, Ani Lindawati, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan kali ini adalah bagian dan juga upaya untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kemampuan khususnya tenga pendidik dan tenaga kependidikan.

Apalagi, sambung Ani, peningkatkan kemampuan dan kompetensi adalah kegiatan wajib diikuti dan dilaksanakan oleh setiap ASN baik itu PNS ataupun PPPK. Di mana minimal dalam setahunnya, setiap PNS ataupun PPPK mengikuti pendidikan dan pelatihan minimal 20 jam.

"Karenanya, kegiatan yang kita laksanakan kali ini, adalah bagian untuk mengembangkan kompetensi bapak dan ibu semua sebagai tenaga pendidik dan kependidikan khususnya untuk para guru jenjang SMA/SMK/SLB se-Provinsi Kepri," tutup Ani.

Editor: Gokli