Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polsek Bintan Utara Kembali Amankan 6 Kendaraan Roda Dua Tanpa Dokumen di Pelabuhan ASDP Tanjung Uban
Oleh : Harjo
Jumat | 02-02-2024 | 09:56 WIB
0202_motor-tanpa-dokumen_01092392398.jpg Honda-Batam
Enam kendaraan roda dua yang diamankan Polsek Bintan Utara. (Harjo/BTD)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Personel Polsek Bintan Utara kembali mengamankan 6 unit kendaraan roda dua merk Honda tanpa dokumen di Pelabuhan ASDP Tanjung Uban, saat hendak diberangkatkan menggunakan Kapal KMP Bahtera Nusantara 01 dari Tanjung Uban-Palmatak-Natuna, Kamis (1/2/2024) malam.

Keenam unit kendaraan yang diamankan di antaranya merk Honda CRF warna hitam, Honda Vario 160cc warna hitam dov BP 2562 RE, Honda Beat warna biru hitam BP 2764 RG, Honda Scoopy warna abu-abu dov putih BP 3264 US, Honda Beat warna biru dongker dov BP 3886 AA, merk Honda Beat warna hitam BP 3396 OS.

"Keenam kendaraan yang diamankan dari pelabuhan ASDP Tanjung Uban tersebut, saat ini diamankan di Mapolsek Bintan guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut," ungkap Kapolsek Bintan Utara, Kompol Suwitnyo.

Terungkap kembali adanya upaya menyelundupkan kendaraan antar pulau untuk kedua kalinya di pelabuhan ASDP Tanjung Uban ini, setelah personel Polsek Bintan Utara mendapatkan informasi, yang selanjutnya melakukan pemantauan di lapangan.

Selanjutnya melakukan pengecekan kelengkapan dokumen kendaraan, yang akan diberangkatkan menggunakan kapal Kapal KMP Bahtera Nusantara 01, hingga ditemukan sebanyak enam kendaraan tanpa dokumen lengkap.

"Karena saat akan dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen kendaraan, justru pemilik kendaraan sudah tidak ada dilokasi, atau meninggalkan kendaraannya," ujarnya.

Sebagai tindak lanjutnya, pihak Polsek Bintan Utara dengan berkoordinasi dengan Polres Bintan, masih mencari pemilik asli kendaraan roda dua yang tidak sesuai dengan dokumen tersebut.

"Diduga enam unit kendaraan yang diamankan merupakan kendaraan hasil kejahatan atau tindak pidana," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, pada akhir Desember 2023 lalu, personil Polsek Bintan Utara, sudha berhasil mengungkap dan mengamankan sejumlah kendaraan roda dua dengan modus yang sama, di pelabuhan ASDP Tanjung Uban serta dengan kapal dan tujuan yang sama.

Editor: Gokli