Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dorong Peningkatan Kualitas Kesehatan, Dewi Ansar Buka Workshop Kader Posyandu Bintan
Oleh : Redaksi
Rabu | 31-01-2024 | 19:48 WIB
Workshop-kader-posyandu1.jpg Honda-Batam
Workshop Kader Posyandu Kabupaten Bintan di Bhadra Resort Bintan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dalam upaya mendorong peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di kalangan masyarakat, Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar secara resmi membuka Workshop bagi Kader Posyandu di Kabupaten Bintan. Acara ini dilaksanakan di Bhadra Resort Bintan, Rabu (31/1/2024).

Workshop ini bertujuan untuk memberdayakan kader Posyandu dalam melaksanakan tugasnya dengan baik serta meningkatkan kualitas pelayanan Posyandu bagi masyarakat Kabupaten Bintan, terutama dalam hal pemantauan tumbuh kembang anak dan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Workshop ini turut dihadiri oleh 100 kader Posyandu dari berbagai desa di Kabupaten Bintan, serta melibatkan tenaga ahli kesehatan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait dengan praktik-praktik terbaik dalam pelayanan kesehatan di tingkat masyarakat.

Dalam workshop ini, peserta akan menikmati berbagai sesi yang bermanfaat, termasuk lomba memasak yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan Ibu Hamil dan Menyusui. Selain itu, akan ada diskusi yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para kader Posyandu.

Materi yang disajikan mencakup aspek-aspek penting seperti kesehatan ibu, perawatan bayi, gizi keluarga dan upaya pencegahan penyakit menular. Workshop ini menjadi kesempatan bagi peserta untuk memperluas pengetahuan mereka dalam hal kesehatan keluarga, memberikan wawasan praktis dan mempromosikan pemahaman yang lebih baik mengenai peran kader Posyandu dalam masyarakat.

"Saya harapkan workshop ini dapat menjadi wahana untuk bertukar pengalaman antar-kader Posyandu serta meningkatkan pemahaman akan peran strategis Posyandu dalam mendukung program kesehatan nasional," kata Dewi Ansar dilansir dari laman Diskominfo Kepri.

Dalam sambutannya, Dewi Ansar menyampaikan bahwasannya, ia telah menyoroti peranan utama kader Posyandu sebagai garda terdepan dalam menyediakan layanan kesehatan dasar bagi masyarakat. Ia juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap komitmen dan dedikasi bagi para Kader Posyandu dalam menjalankan tugas tersebut.

Selain itu, Dewi Ansar juga menekankan pentingnya peran Posyandu dalam memonitor dan meningkatkan kesehatan ibu dan anak, sambil menghargai dedikasi kader Posyandu sebagai ujung tombak dalam menjalankan program kesehatan di tingkat masyarakat.

"Saya mengajak semua pihak untuk dapat bersinergi dan berkolaborasi demi menciptakan lingkungan yang sehat dan berkualitas untuk generasi mendatang. Semoga kegiatan ini dapat memberdayakan kader Posyandu sebagai agen perubahan di tingkat masyarakat," harapnya.

Di akhir sambutannya, Dewi Ansar juga menegaskan pentingnya peran kader Posyandu sebagai elemen utama dalam penyediaan pelayanan kesehatan di tingkat basis. Ia juga mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini dapat memperkuat kolaborasi antara pemerintah daerah, kader Posyandu dan pihak terkait guna menciptakan pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas.

"Dengan Workshop Kader Posyandu ini, diharapkan akan tercipta sinergi yang lebih kuat antara pemerintah daerah, masyarakat, dan tenaga kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dasar, sehingga terwujud masyarakat yang sehat dan berkualitas di Kabupaten Bintan," tutupnya.

Hadir dalam acara pembukaan Workshop Kader Posyandu ini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri M. Bisri, beberapa pejabat terkait dan tokoh masyarakat setempat yang turut mendukung upaya peningkatan kualitas Posyandu di Kabupaten Bintan.

Editor: Yudha