Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Bhakti Imigrasi ke-74, Imigrasi Karimun Gelar Upacara dan Bakti Sosial
Oleh : Redaksi
Jumat | 26-01-2024 | 12:12 WIB
hari_imigrasi.jpg Honda-Batam
Imigrasi Karimun menggelar upaacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-74 tahun 2024. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Hari Bhakti Imigrasi diperingati setiap tahun tepatnya pada tanggal 26 Januari. Hal itu dilakukan Imigrasi Kelas ll TPI Tanjung Balai Karimun sebagai bentuk penghormatan kepada jasa para pahlawan untuk kemerdekaan Indonesia.

Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-74 tahun ini mengambil tema "Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi".

Kepala Imigrasi Kelas ll TPI tanjung Balai Karimun Zulmanur Arif, A.Md.Im,SH,MH, Jumat (26/1/2024) kepada wartawan media ini menuturkan, filosofi logo Hari Bhakti Imigrasi Ke-74 adalah sebagai berikut:

Yang terdiri dari gabungan angka 7 dan 4 yang membentuk seseorang yang siap untuk berlari dengan warna merah yang melambangkan semangat, energi dan kegembiraan serta warna Emas yang melambangkan prestasi dan kesuksesan.

Logo ini merepresentasikan kesiapan dan semangat insan imigrasi untuk terus berkarya dalam inovasi dan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat serta pengabdian terhadap bangsa dan negara, tuturnya.

Arif, sapaan akrabnya, menambahkan, Kita juga berharap untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi manusia nomor 19 tahun 2018) bahwa, Kantor Imigrasi adalah unit pelaksana teknis di bawah Direktorat Jenderal Imigrasi yang menjalankan fungsi keimigrasian di daerah kabupaten, kota, atau kecamatan.

"Semoga masyarakat Karimun dapat mensyukuri dengan pelayanan kita saat ini dan kita akan selalu meningkatkan pelayanan yang optimal,"pungkasnya.

Disamping itu juga Sophian Kasim Sani selaku Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, menjelaskan bahwa, rangkaian kegiatan memperingati Hari Bakti Imigrasi ke-74 telah dimulai sejak awal Januari, diawali dengan kegiatan Imigrasi.

Yakni melayani berupa Layanan Paspor Simpatik yang dilaksanakan serentak diseluruh Kantor Imigrasi di Indonesia pada tanggal 6, 13 dan 20 Januari 2024 berupa layanan Paspor di hari Sabtu.

Selanjutnya, dengan kegiatan Imigrasi Berbakti dengan melaksanakan bakti sosial pemberian bantuan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan pada Senin (22/1/2024) yang lalu.

Kemudian kegiatan donor darah pada Selasa (23/1/2024), kegiatan tabur bunga untuk mengenang para pahlawan pada tanggal 24 Januari 2024 dan puncaknya upacara Hari Bakti Imigrasi ke-74 pada hari Jumat (26/1/2024) dilanjutkan dengan syukuran.

Pantauan media ini dilapangan, Zulmanur Arif, A.Md,Im.SH,MH, resmi menjabat sebagai Kepala Imigrasi Kelas ll TPI Tanjung Balai Karimun pada bulan Februari 2023 yang lalu.Selama menjabat di Karimun dirinya selalu bersinergi dengan instansi terkait demi menjaga Karimun yang kondusif.

Disamping itu juga dirinya selalu loyal dengan bawahan demi memudahkan segala aktivitasnya sehari-hari.

Selama dirinya menjabat Kepala Imigrasi Kelas ll TPI tanjung Balai Karimun, masyarakat Karimun merasa bersyukur dengan pelayanan yang memuaskan tanpa harus mempersulit pengurusan pasport.

Bukan hanya itu saja, bahkan seluruh pekarangan dapat tertata dengan baik.Mulai dari parkiran sampai tingkat kebersihan pekarangan enak dipandang.

Editor: Gokli