Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Arsenal 1-2 Birmingham

Gol Martins, Bawa Birmingham Juara Piala Carling
Oleh : Hendra Zaimi
Senin | 28-02-2011 | 10:10 WIB
martins_goal.jpg Honda-Batam

Obafemi Martins melakukan selebrasi usai mencetak gol kemenangan bagi Birmingham City atas Arsenal pada Final Piala Carling di Stadion Wembley, Minggu, 27 Februari 2011.

London, batamtoday - Sebuah gol penentu dari striker asal Nigeria, Obafemi Martins pada menit 89 mengantarkan Birmingham City menjadi juara Piala Carling 2011, dengan menundukan Arsenal 2-1 dala partai final yang digelar di Stadion Wembley, 27 Februari 2011 23:00 WIB.

Pertandingan yang disaksikan lebih dari 88.000 penonton ini, menyuguhkan pertandingan menarik sejak peluit pertama ditiupkan wasit M Dean. Buktinya Birmingham mampu memberikan perlawanan bagi Arsenal dengan tekanan pada awal babak pertama.

Lee Bowyer terlepas sendirian dan dilanggar Wojceich Szczesny. Beruntung asisten wasit telah mengangkat bendera tanda Bowyer sudah berada dalam posisi off-side. Namun, tayangan ulang televisi menunjukkan hal yang sebaliknya.

Namun Arsenal balik melakukan tekanan, melalui Robin Van Persie tapi tendangannya masih melebar dari gawang Benjamin Foster, sedangkan peluang dari Arshavin melalui assist Samir Nasri berhasil diblok Foster.

The Blues berhasil unggul pada menit ke 28. Gol tercipta melalui proses sederhana. Dari tendangan penjuru, Sebastian Larsson memberikan bola kepada Roger Johnson. Sundulan Johnson kemudian dibelokkan melampaui jangkauan Szczesny dan berhasil menjebol gawang Arsenal.

Namun gol itu tidak bertahan lama, enam menit sebelum pertandingan berakhir atau tepatnya pada menit 39 Arsenal membuat keadaan menjadi imbang 1-1. Umpan silang Arshavin disambut tendangan voli Van Persie. Bola meluncur deras menghujam jala gawang tanpa dapat dicegah Foster.

Pada babak kedua, kedua klub saling menekan pertahanan lawan masing-masing, Meski The Gunners lebih menguasai pertandingan, namun bencana bagi anak asuh Arsene Wenger datang pada menit akhir babak kedua, melalui pemain pengganti Birmingham City, Obafemi Martins.

Tendangan bebas dari wilayah pertahanan sendiri oleh Foster disambut sundulan Zigic. Arah bola sebenarnya dalam jangkauan aman Szczesny, tapi karena pandangannya terhalang Laurent Koscielny, bola terlepas dari tangkapan. Martins tanpa kesalahan mencocor bola muntah tersebut untuk menciptakan gol kemenangan Birmingham dan mengantarkan mereka menjadi juara Piala Carling 2011.