Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Redakan Stres dan Bantu Tidur Lebih Nyenyak dengan Aromaterapi
Oleh : Redaksi
Senin | 22-01-2024 | 12:08 WIB
plossa-mini.jpg Honda-Batam
Aryo Widiwardhono, CEO Enesis Group; Marsha Timothy, Eva Celia, Ryan Tirta Yudhistira, CMO Enesis Group, dan Rio Sumadiwangsa, Senior Brand Manager Plossa, saat peluncuran Plossa Mini Isi Ulang (5ml) dengan dua varian. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Padatnya aktivitas dapat membuat seseorang mengalami stres yang berdampak pada fisik maupun kesehatan emosional (mental/psikis).

Kesehatan emosional yang kurang terjaga dapat mengakibatkan stres dengan gejala susah tidur, pusing, sakit kepala, pegal-pegal dan kram pada beberapa bagian tubuh, memiliki nafsu makan berlebihan, gampang sedih dan cemas, mudah marah, dan sulit berkonsentrasi.

Penelitian yang dilakukan Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia pada 2021 menemukan bahwa mayoritas remaja dan dewasa muda berusia 16 - 24 tahun memasuki periode kritis kesehatan mental. Selain itu, hampir 96 persen remaja dan dewasa muda di Indonesia mengalami gejala kecemasan dan 88 persen diantaranya mengalami gejala depresi.

Salah satu upaya mengurangi tingkat stres adalah dengan menggunakan aromaterapi untuk membantu pikiran dan tubuh tetap rileks. Kandungan minyak esensial dari aromaterapi merupakan hasil ekstraksi dari tumbuhan alami dengan aroma spesifik, memiliki sifat anti-bakteri, anti-virus, anti-inflamasi, serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah dan memengaruhi emosi dengan memberikan efek yang menenangkan untuk membantu relaksasi tubuh dan pikiran.

Untuk membantu menjaga kesehatan mental, ENESIS GROUP menghadirkan inovasi Plossa Mini Isi Ulang (5ml) dengan dua varian yaitu Citrus dan Panasin sebagai wujud komitmen untuk terus menciptakan healthy product for healthy family. Sifatnya yang dapat diisi ulang membuatnya lebih efisien dan hemat.

Plossa, produk minyak aromaterapi mengandung 1,8 sineol pada eucalyptus oil selain sebagai antibakteri, antivirus dan menthol sebagai bronkodiliator untuk meningkatkan ketahanan alami tubuh terhadap stres. "Penggunaan Plossa untuk rutinitas harian dapat menjadi solusi untuk membantu meredakan stres dan bantu tidur. Plossa mengatur sensasi tubuh dan pikiran melalui kombinasi sinergi aromatherapy dengan alat pijat, kerokan, roll-on dan inhaler yang dapat mengatasi sakit kepala, pusing, susah tidur, mual, pegal pegal, serta menyegarkan pernapasan dan relaksasi terhadap stres," ujar Ryan Tirta Yudhistira, Chief of Marketing Officer Enesis Group, dalam keterangan pers, Minggu (21/1/2024).

Psikolog Indah Sundari mengatakan, tingginya tingkat stres masyarakat Indonesia dan bisa menjadi penyakit mental yang lebih fatal jika tidak di-manage dengan baik. "Untuk mengatur stres itu bisa dimulai dengan merelaksasi pikiran menggunakan aromaterapi sebagai inhaler. Dengan menghirup aromaterapi yang menyegarkan bisa membuat pikiran lebih tenang dan fokus," jelasnya.

"Selain inhaler, ujung kemasan Plossa bisa digunakan untuk teknik akupresur di berbagai titik akupunktur yang berada di tubuh. Dari kegiatan relaksasi menggunakan aromaterapi ini membuktikan bahwa meredakan stres dan bantu tidur bisa dilakukan dengan cara yang modern, praktis dan hemat," tutup Ryan.

Editor: Gokli