Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Enesis Group Kenalkan Inovasi Terbaru Plossa Mini Isi Ulang, Solusi Aromaterapi Redakan Stress dan Bantu Tidur
Oleh : Redaksi
Senin | 22-01-2024 | 10:48 WIB
2201_aromaterapi-3_9349854858.jpg Honda-Batam
(Ki-Ka): Aryo Widiwardhono, CEO Enesis Group; Marsha Timothy, Aktris; Eva Celia, penyanyi; Ryan Tirta Yudhistira, Chief Marketing Enesis Group; Suriadi Sumadiwangsa, Senior Brand Manager Plossa. (Ist)

  • Kesehatan emosional (mental/psikis) yang kurang terjaga dapat mengakibatkan stress dan susah tidur.
  • Penelitian menunjukkan teknik relaksasi dengan aromaterapi membantu redakan stress dan bantu tidur, tetapi penggunaan minyak aromaterapi masih rendah, hanya 19.9%.
  • Plossa, minyak aromaterapi sudah dikenal dan digunakan oleh masyarakat sejak 2019, mengandung cineol 1.8 sebagai antivirus dan bronchodilator sebagai pelega pernapasan, menghilangkan pusing, sakit perut dan pegal-pegal sekaligus membuat pikiran lebih rileks.
  • Plossa Mini Isi Ulang diluncurkan sebagai Breakthrough Innovation: Pengatur Sensasi Pikiran Dan Tubuh, The Magical Power of Nature's Healing!
  • 'Stress-Relief' bersama Plossa dengan melatih pernapasan dan juga pijat akupresur.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Enesis Group sebagai perusahaan FMCG Indonesia yang telah memproduksi produk-produk kesehatan sejak 1988, seperti Soffell (pemimpin pasar kategori mosquito repellent), Adem Sari (pemimpin pasar kategori panas dalam serbuk), Antis (sekarang pemimpin pasar kategori hand sanitizer).

Saat ini, Enesis kembali menghadirkan inovasi terbaru, yaitu Plossa Mini Isi Ulang yang merupakan wujud komitmen dari Enesis Group untuk terus menciptakan healthy product for healthy family.

Melalui terobosan ini, Enesis memahami kebutuhan masyarakat akan minyak aromaterapi karena khasiatnya dapat membantu memelihara kesehatan di tengah padatnya aktivitas sehari-hari agar tubuh tetap rileks dan mengurangi stress serta membantu tidur lebih nyenyak.

Padatnya aktivitas dapat membuat seseorang mengalami stress yang berdampak pada fisik maupun kesehatan emosional (mental/psikis). Kesehatan emosional yang kurang terjaga dapat mengakibatkan stress yang menjadi sebuah titik awal seseorang bisa merasakan gejala yang mengganggu.

Dikutip dari website Kementerian Kesehatan, gejala stress diantaranya adalah susah tidur, pusing, sakit kepala, pegal-pegal dan kram pada beberapa bagian tubuh, memiliki nafsu makan berlebihan, gampang sedih dan cemas, mudah marah, dan sulit berkonsentrasi.

Ryan Tirta Yudhistira, Chief of Marketing Officer Enesis Group menjelaskan bahwa penelitian yang dilakukan Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia pada 2021 bahwa mayoritas remaja dan dewasa muda berusia 16 hingga 24 tahun memasuki periode kritis kesehatan mental.

Selain itu, hampir 96 persen remaja dan dewasa muda di Indonesia mengalami gejala kecemasan (anxiety) dan 88 persen diantaranya mengalami gejala depresi. Terlebih lagi remaja yang tinggal di ibu kota Jakarta yang dinobatkan sebagai salah satu kota dengan tingkat stres tertinggi di dunia, menempati urutan sembilan menurut Stressful Cities Index oleh situs Vaay.

Mengetahui tentang fakta stress dan dampaknya yang cukup berpengaruh terhadap fisik, psikologis, dan sosial seseorang di usia produktif, kita bisa mengurangi dengan cara yang tepat dan praktis salah satunya dengan penerapan penggunaan aromaterapi yang bisa membantu pikiran dan tubuh tetap rileks.

Enesis Group telah melakukan riset terhadap penggunaan minyak aromaterapi, hanya 19.9% masyarakat yang baru menggunakan minyak aromaterapi dan menyadari manfaat serta khasiat dari minyak aromaterapi.

Padahal sepanjang sejarah perkembangan ilmu kedokteran, aromaterapi digunakan untuk membantu meningkatkan kesehatan fisik maupun mental. Kandungan minyak esensial dari aromaterapi merupakan hasil ekstraksi dari tumbuhan alami dengan aroma spesifik, memiliki sifat anti-bakteri, anti-virus, anti-inflamasi, serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah dan memengaruhi emosi dengan memberikan efek yang menenangkan untuk membantu relaksasi tubuh dan pikiran.

Plossa, produk minyak aromaterapi multifungsi telah menemani masyarakat Indonesia sejak 2019 sebagai solusi inovatif dari Enesis Group yang tidak hanya memberikan relaksasi pada tubuh tetapi juga bantu mengatasi gejala seperti susah tidur, sakit kepala, hidung mampet, masuk angin, pegal-pegal, mual dan mabuk darat/laut/udara. Dengan kandungan utama 1,8 sineol pada eucalyptus oil selain sebagai antibakteri, antivirus dan menthol sebagai bronkodiliator yang juga dapat meningkatkan ketahanan alami tubuh terhadap stress.

Sebagai Breakthrough Innovation, Enesis Group kembali membuat terobosan dengan meluncurkan Pengatur Sensasi Pikiran Dan Tubuh, The Magical Power of Nature's Healing! Plossa Mini Isi Ulang: The Best of Plossa with Practicality and Affordability yang diadakan di Lounge XXI Plaza Senayan, Kamis, 18 Januari 2024.

"Kami percaya bahwa penggunaan Plossa untuk rutinitas harian dapat menjadi solusi untuk membantu meredakan stress dan bantu tidur. Plossa mengatur sensasi tubuh dan pikiran melalui kombinasi sinergi aromatherapy dengan alat pijat, kerokan, roll-on dan inhaler yang dapat mengatasi sakit kepala, pusing, susah tidur, mual, pegal pegal, serta menyegarkan pernapasan dan relaksasi terhadap stress. Untuk itu Plossa Mini Isi Ulang hadir sebagai solusi praktis dan terjangkau," ujar Ryan dalam keterangannya, Senin (22/1/2024).

Plossa Mini Isi Ulang hadir dengan satu fungsi baru, yaitu inhaler dan menjadi minyak aromaterapi pertama dan satu-satunya yang dapat diisi ulang, sehingga bisa lebih efisien dan hemat. Plossa Mini Isi Ulang hadir dalam dua varian yaitu Plossa Mini Isi Ulang Citrus dan Plossa Mini Isi Ulang Panasin.

"Cara refill Plossa Mini juga sangat mudah, cukup putar tutup inhaler, sobek Plossa Sachet dan tuang ke dalamnya, dengan begitu manfaat Plossa Mini Isi Ulang dapat terus menerus dirasakan manfaatnya. Jadi, walaupun bentuknya kecil, manfaatnya bisa bikin semua chill," terang Ryan ketika mendemonstrasikan cara refill Plossa Mini Isi Ulang.

Pada kesempatan yang sama, para peserta launching Plossa Mini Isi Ulang pun diajak untuk merasakan secara langsung bagaimana teknik relaksasi 'Stress-Relief' bersama Plossa dengan melatih pernapasan dan juga pijat akupresur. Praktik ini dibawakan langsung oleh Indah Sundari S.Psi., M.Psi., Psikolog (Psychologist) dan dr Newanda Mochtar Sp.Ak (Dokter Spesialis Akupuntur Medik - RSPI Bintaro dan RS Brawijaya Antasari) bersama dengan Marsha Timothy dan Eva Celia sebagai sobat Plossa.

Sebagai sobat Plossa yang memiliki kegiatan padat shooting film, membuat Marsha Timothy memilih Plossa untuk membuat mood tenang. "Aku sering shooting sampai pagi dan hal itu bikin jadwal tidurku berantakan dan mood ga enak, tapi setelah pakai Plossa rasanya lebih gampang tidur, karena aromanya bikin rileks."

Berbeda dengan Marsha Timothy, penyanyi Indonesia Eva Celia lebih sering menggunakan Plossa sebagai inhaler untuk mengatasi stress saat membuat lagu.

"Pas bikin lagu dan ga nemu feel yang cocok itu rasanya stress, ditambah sama jadwal manggung yang padat udah, deh, psikis rasanya lelah banget, dan ujung-ujungnya aku pakai minyak aromaterapi sebagai inhaler supaya pikiran rileks dan ini lebih aman digunakan buat aku yang punya jadwal padat," jelas Eva Celia.

Menanggapi pernyataan Eva Celia yang menjadikan Plossa sebagai teknik inhaler untuk merilekskan pikiran, hal tersebut disetujui oleh Indah Sundari, menurutnya tingkat stress masyarakat Indonesia itu tinggi, tetapi jika tidak di-manage dengan baik bisa menjadi penyakit mental yang lebih fatal.

"Untuk mengatur stress itu bisa dimulai dengan merelaksasi pikiran, salah satunya dengan menggunakan aromaterapi sebagai inhaler. Dengan menghirup aromaterapi yang menyegarkan bisa membuat pikiran lebih tenang dan fokus," jelas Psikolog Indah Sundari.

Namun, untuk mengurangi stress dan membuat tidur menjadi lebih tenang tidak hanya melalui teknik inhaler saja, melalui launching Plossa Mini Isi Ulang ini, dr Newanda Mochtar Sp.AK menyebutkan bahwa ujung kemasan Plossa bisa digunakan untuk teknik akupresur di diberbagai titik akupunktur yang berada di tubuh utk mengatasi stress dan sulit tidur dengan metode akupresur yang sudah diakui secara medis bedasarkan kaidah ilmiah kedokteran.

"Harapannya para peserta mendapatkan pengalaman langsung menggunakan Plossa untuk meredakan stress dan bantu tidur. Dari kegiatan relaksasi menggunakan aromaterapi ini membuktikan bahwa meredakan stress dan bantu tidur bisa dilakukan dengan cara yang modern, praktis dan hemat," kata Ryan.

Dengan ukurannya yang lebih mini membuat Plossa Mini Isi Ulang bisa dibawa kemana saja di dalam tas maupun di dalam kantong bahkan bisa Insan Enesis gunakan ketika di rumah, kantor maupun saat kuliah, sehingga ketika kerjaan sedang menumpuk, pikiran stress atau susah tidur, cukup hirup aroma Plossa Mini Isi Ulang dan rasakan relaksasinya.

Plossa Mini Isi Ulang, Si kecil pengatur pikiran dan tubuh yang banyak manfaat dan aksinya. Jadi, biarpun ukurannya kecil, Plossa Mini Isi Ulang bisa diandalkan untuk membuat semua masalah besar jadi 'chill' untuk diselesaikan.

Editor: Gokli