Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Silaturahmi Bersama Warga Mentigi, Gubernur Ansar Komitmen Percepat Pembangunan di Kepri
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 19-01-2024 | 14:24 WIB
ansar-mentigi.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat bersilaturahmi dengen masyarakat Mentigi, Kabupaten Bintan, Kamis (18/1/2024). (Kominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Gubernur Kepri, H Ansar Ahmad mengunjungi masyarakat Mentigi di Lapangan Bola Mentigi, Bintan, Kamis (18/01/2024).

Kunjungan ini merupakan bagian dari agenda silaturahmi Gubernur dengan masyarakat di berbagai daerah di Provinsi Kepri.

Gubernur Ansar mengatakan, dirinya merasa senang dapat bertemu kembali dengan masyarakat Mentigi yang sudah lama tidak ia jumpai. Ia berharap dengan silaturahmi ini, hubungan antara pemerintah dan masyarakat semakin erat dan harmonis.

"Semoga dengan silaturahmi ini akan membawa semangat baru bagi kita untuk membangun Kepri lebih maju," ucapnya, demikian dikutip laman Disnas Kominfo Kepri.

Gubernur Ansar juga memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan beberapa program strategis yang telah dan akan dilaksanakan oleh pemerintah provinsi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Beberapa program tersebut antara lain:

1. Penyelesaian pembangunan Rumah Singgah di Jakarta dan Batam yang diperuntukan bagi masyarakat yang akan berobat baik di Jakarta atau Batam. Rumah Singgah ini merupakan fasilitas gratis yang dapat digunakan oleh masyarakat Kepri yang membutuhkan tempat tinggal sementara saat berobat.

2. Pembangunan RS Jiwa dan Ketergantungan Obat Engku Haji Daud bekerjasama dengan Kemenkes RI. RS ini merupakan rumah sakit pertama di Kepri yang khusus menangani pasien jiwa dan ketergantungan obat. RS ini memiliki kapasitas 200 tempat tidur dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti laboratorium, radiologi, farmasi, dan rehabilitasi.

3. Peningkatan Fasilitas berupa cathlab untuk pemasangan ring jantung di RSUD Raja Ahmad Tabib. Cathlab ini merupakan alat canggih yang dapat melakukan prosedur pemasangan ring jantung tanpa operasi. Cathlab ini diharapkan dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung di Kepri.

4. Pemberian BPJS Kepada Para Nelayan. Program ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada para nelayan yang merupakan salah satu kelompok masyarakat yang rentan terhadap risiko kesehatan.

5. Pemberian Beasiswa S1 kepada siswa yang berprestasi dan kurang mampu. Program ini merupakan bentuk dukungan pemerintah provinsi terhadap pendidikan di Kepri.

6. Pemberian bantuan Transportasi darat dan laut bagi siswa yang kurang mampu. Program ini bertujuan untuk memudahkan akses siswa yang tinggal di daerah terpencil atau pulau-pulau untuk bersekolah.

Gubernur Ansar berharap, berbagai program yang bermanfaat untuk masyarakat dapat perluas manfaatnya walaupun dengan jumlah APBD yang sangat terbatas. Oleh karena itu, ia meminta doa dan dukungan dari masyarakat agar pemerintah provinsi dapat mendapatkan anggaran juga dari pusat agar pembangunan di daerah cepat terealisasi.

"Kami akan terus berjuang untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat Kepri di pusat. Kami juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk bersinergi dalam pembangunan," ucapnya.

Di Kabupaten Bintan sendiri, Gubernur Ansar mengatakan pemerintah provinsi telah mengupayakan berbagai pendekatan dengan Pemerintah Pusat guna pembangunan infrastruktur jalan untuk memudahkan akses masyarakat. Di tahun 2023 yang lalu, Kementerian Bappenas telah membantu untuk proyek pelebaran jalan di Desa Pengudang, Kecamatan Teluk Sebong senilai 90 milliar serta peningkatan Akses Jalan Lintas Timur dari arah Kijang yang saat ini sudah terhubung dengan Jalan Simpang Bundaran Km 16, Toapaya senilai Rp 60 milliar.

Selain itu, program Kepri Terang juga telah menyambungkan listrik untuk masyarakat kurang mampu di Bintan, terutama di Pulau Pangkil, Pulau Dendun, Air Glubi dan beberapa pulau kecil. Upaya Gubernur ke depan bersama PLN adalah menghidupkan listriknya 24 jam sehari sehingga dapat membantu kegiatan perekonomian masyarakat.

"Kabupaten Bintan terus menjadi perhatian Provinsi Kepri. Jika beberapa tahun yang lalu Bintan mendapatkan porsi pembangunan dari Provinsi Kepri hanya 15 sampai dengan 20 milliar maka dua tahun belakangan di masa kepemimpinan kami Bintan mendapatkan bantuan sekitar 60 miliar lebih dan tahun ini kita tingkatkan lagi menjadi 70 miliar agar pembangunan Bintan semakin gencar," kata Gubernur Ansar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepri, Rizky Faisal; Ketua TP-PKK Provinsi Kepri, Hj Dewi Kumalasari Ansar; Bupati Bintan, Roby Kurniawan, dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Editor: Gokli