Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Palang Merah Indonesia Gelar Pembekalan Penanganan Kasus Darurat bagi Relawan di Bintan
Oleh : Harjo
Kamis | 18-01-2024 | 15:00 WIB
Relawan-PMI.jpg Honda-Batam
'Basic First Aid and Spinal Management' bagi para relawan terkhusus tim ambulance di Kabupaten Bintan, Kamis (18/1/2024). (Its)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pelang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan 'Basic First Aid and Spinal Management' bagi para relawan terkhusus tim ambulance di Kabupaten Bintan.

Sebanyak 30 orang relawan mendapatkan pembekalan dari I M Ambulance Singapore, di Aula Kantor Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kamis (18/1/2024).

Kegiatan ini merupakan pembekalan penanganan khusus pada kasus emergency dan darurat. Tentunya untuk meningkatkan kapasitas serta kemampuan para relawan dalam menangani korban.

Ketua PMI Bintan, Hafizha Rahmadhani, langsung turut andil dalam kegiatan tersebut dan menyampaikan beberapa pesan kepada para relawan. Dirinya yakin para relawan Palang Merah Indonesia punya potensi untuk hal tersebut, tinggal bagaimana potensi itu dikembangkan sesuai dengan standarisasinya.

"Kita di sini semua sama-sama menunjukkan eksistensi Palang Merah Indonesia. Bila dibutuhkan, kita standby di depan. Khusus untuk tim ambulance, ambil semua ilmu yang diberikan, jangan sampai di lapangan saat menolong korban, sudah masuk ambulance kita anggap selesai. Ada step by step yang harus dilakukan," paparnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan tim ambulance dan relawan Palang Merah Indonesia seluruhnya dapat melaksanakan pertolongan dan pemberian bantuan yang tepat. Sehingga para korban dapat tertolong dengan selamat.

Palang Merah Indoenesia sendiri sejauh ini telah banyak berkontribusi terlebih saat Bintan menghadapi beberapa kejadian bencana alam maupun bencana lainnya. Sebagai bagian dari mitra Pemerintah Daerah, Hafizha bahkan mengatakan Palang Merah Indonesia senantiasa siap untuk berkolaborasi dengan berbagai elemen lainnya dalam hal pertolongan dan bantuan.

Editor: Gokli