Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Singapura Pantau Virus Misterius Sejenis Sars
Oleh : Redaksi/M
Rabu | 26-09-2012 | 14:29 WIB
SARS.jpg Honda-Batam
Ilustrasi: Wabah SARS

SINGAPURA, batamtoday - Pengalaman menjadi negara yang terserang wabah Severe acute respiratory syndrome (Sars) beberapa tahun lalu membuat Singapura selalu memantau perkembangan virus yang sangat mematikan itu. Kementrian Kesehatan Singapura (MOH) terus melakukan upaya untuk Memproteksi warga Singapura, terlebih saat pekan lalu organisasi kesehatan dunia (WHO) mengeluarkan peringatan kemunculan virus mematikan yang mirip dengan Sars di Arab Saudi.


"Untuk saat ini kami belum membuat langkah lebih lanjut, hanya saja kemunculan virus ini membuat kami harus selalu waspada dan terus melakukan pemantauan," kata pernyataan MOH, dikutip dari ChannelNews Asia, Rabu(26/9/2012).

Virus misterius itu bahkan dikabarkan telah menyebabkan seorang laki-laki berusia 60 tahun di Arab Saudi meninggal dunia. Dalam kasus serupa, seorang warga Qatar kini dirawat di London dalam keadaan kritis setelah berkunjung ke Arab Saudi. 

Dari penyelidikan sementara, virus baru itu tergolong dalam jenis koronavirus sejeni virus yang menyebabkan selesema biasa dan virus yang menyebabkan Sars, wabah yang meragut lebih 800 jiwa di seluruh dunia pada 2003 lalu.

Kini WHO terus melakukan penyelidikan terkait kemunculan virus misterius tersebut. Apalagi pada musim haji, diperkirakan ada 3 juta umat muslim dari berbagai negara akan berkumpul di Arab Saudi. Jika benar virus tersebut menular selayaknya Sars, maka penanganannya akan semakin rumit.