Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satlantas Polres Bintan Sosialisasi Larangan Pakai Knalpot Brong ke Sekolah
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 11-01-2024 | 16:52 WIB
periksa-knalpot-brong1.jpg Honda-Batam
Anggota Satlantas Polres Bintan mencopot knalpot brong milik siswa SMAN 1 Bintan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Satlantas Polres Bintan gencar memberikan himbauan terkait larangan penggunaan knalpot brong kepada pelajar SMAN 1 Bintan, Kamis (11/1/2024).

"Himbauan pelarangan penggunaan knalpot brong ini, dimulai dari pelajar terlebih dahulu," kata Kasat Lantas Polres Bintan, AKP Khafandi.

Menurutnya, sebelum melakukan penindakan, pihaknya sosialisasi mendatangi sekolah untuk memberitahukan hal tersebut.

"Kita beritahu dahulu ke sekolah, agar pihak sekolah melarang murid-muridnya menggunaan sepeda motor yang knalpotnya brong atau knalpot yang tidak standar," papar Khafandi.

Sebelum dilakukan pemeriksaan terhadap kendaraan milik pelajar terlebih dahulu dilakukan himbauan dan edukasi kepada pelajar agar mengakui dan mengumpulkan sepeda motor di lapangan sebelum dilakukan pemeriksaan.

"Setelah diberikan waktu yang cukup, barulah dilakukan pemeriksaan," kata Khafandi.

Bagi kendaraan yang ditemukan menggunakan knalpot brong langsung melepaskannya dan dikumpulkan selanjutnya dibawa ke Polres Bintan untuk dimusnahkan.

"Namun terlebih dahulu pemilik Sepeda Motor kita bawa untuk mengambil Knalpot yang standard dan dipasang langsung di Sekolah," ujar Khafandi.

Himbauan yang dilakukan oleh Satuan lalu lintas tidak hanya dengan cara mendatangi Sekolah-Sekolah, namun juga dilakukan dengan pemasangan spanduk di pinggir jalan tentang pelarangan penggunaan Knalpot Brong.

"Untuk itu kita menghimbau kepada masyarakat yang menggunakan knalpot brong, agar segera mengganti kendaraannya dengan menggunakan Knalpot standar karena sangat mengganggu pengguna jalan lain yang mengendarai kendaraan di jalan raya sehingga berpotensi akan terjadinya kecelakaan lalu lintas," imbuh Khafandi.

Editor: Yudha