Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Bintan Siap Fasilitasi Kebutuhan KPU Bintan Hadapi Pemilu 2024
Oleh : Syajarul Rusydy
Selasa | 09-01-2024 | 19:07 WIB
KPU-BIntan1.jpg Honda-Batam
Pemkab Bintan bersama KPU Bintan menggelar audiansi, pembahasan persiapan pemilu 2024. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemkab Bintan bersama KPU Bintan menggelar audiansi, pembahasan persiapan pemilu 2024 mendatang. Saat ini persiapan sudah mencapai 75 persen, tinggal 25 persen tahapan tahapan yang bakal diselesaikan.

Ketua KPU Bintan Haris Daulay mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bintan Roby Kurniawan yang sudah mau memfasilitasi segala kebutuhan, dalam menghadapi pemilu yang digelar pada Februari 2024 mendatang.

"Sebelumnya kami ucapkan terima kasih, mungkin ini yang pertama di Kepri, kepada daerah ikut menfasilitasi kebutuhan KPU dalam menghadapi pemilu 2024)," sebut Haris, usai audensi di Kantor Camat Gunung Kijang, Selasa (9/1/2024).

Tidak hanya fasilitas tempat, Pemkab Bintan juga turut memfasilitasi BPJS untuk petugas penyelenggara pemilu 2024 mendatang.

Selain itu, Haris menjelaskan pihaknya telah menetapkan 496 TPS yang tersebar di 10 kecamatan. Daftar lokasi tempat pencoblosannya pun telah diberitahukan ke Bawaslu, pihak Kepolisian serta pihak terkait.

"Namun ada beberapa TPS yang menggunakan fasilitas pemerintah. Sehingga, ini perlu persetujuan dari Bupati dan alhamdulillah disetujui," papar Haris.

Untuk kekurangan 25 persen persiapan yang harus dilakukan oleh Tim KPU Bintan adalah, mengenai tahapan pelaksanaannya. Di antaranya, persiapan logistik pemilu masih dalam proses pendistribusian ke desa/kelurahan se Bintan.

"Dan masih ada sejumlah formulir pemilu. Ini masih kita tunggu juknis format nya dari KPU RI, untuk kami adakan formulir nya di tingkat kabupaten," kata Haris.

Sementara itu, Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan Pihaknya selalu siap memfasilitasi kebutuhan KPU Bintan dalam pelaksanaan pemilu di Februari 2024 nanti. Sehingga, seluruh tahapan pemilihan dapat berjalan lancar, aman, tertib dan sukses ke depannya.

"Seperti tempat pelaksanaan pencoblosan maupun fasilitas yang dibutuhkan penyelenggara. Salah satunya, kami juga memfasilitasi tempat simulasi pemilu di Kantor Camat Toapaya, Desember 2023 silam," sebut Roby.

Untuk itu, Roby meminta seluruh jajaran pemerintahan mulai tingkat kecamatan hingga RT/RW agar mensosialisasikan ke masyarakat agar ikut menyalurkan hak pilihnya di hari pencoblosan pemilu pada Rabu (14/2/2024) mendatang.

"Ini juga tugas kita bersama untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, untuk memilih pemimpin-pemimpin terbaik. Sehingga, tingkat partisipasi pemilih di Bintan bisa meningkat," timpal Roby.

Editor: Yudha