Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bawaslu Temukan Banyak Logistik Pemilu yang Rusak di Sejumlah Daerah
Oleh : Redaksi
Selasa | 09-01-2024 | 09:08 WIB
logistik_pemilu.jpg Honda-Batam
Ilustrasi (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menemukan banyak logistik pemilu yang rusak di sejumlah daerah pada pendistribusian tahap I dan II sejauh ini.

"Bawaslu mencatat kotak suara rusak di 177 kabupaten/kota. Hasil pengawasan menemukan, bilik suara rusak di 61 kabupaten/kota, serta segel yang rusak di 30 kabupaten/kota," ujar anggota Bawaslu RI Herywn Malonda dikutip dari detikcom, Senin (8/12/2023).

Selain kerusakan, ditemukan juga adanya kesalahan tempat tujuan distribusi logistik tahap I di 10 kabupaten/kota.

Herywn sendiri mengaku bahwa Bawaslu kesulitan memaksimalkan proses pengawasan distribusi logistik tahap I. Tahap ini berlangsung selama 13 September-11 November 2023.

Salah satu pasalnya adalah tak diberikannya akses akun Sistem Informasi Logistik (Silog) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"KPU juga tidak memberikan informasi yang jelas tentang jadwal distribusi logistik," tambah Herywn.

Hal yang sama juga terjadi dalam distribusi logistik pemilu tahap II yang berlangsung sejak 15 November 2023 hingga 14 Januari 2024 mendatang.

Sejauh ini, pihaknya juga telah mencatat kerusakan surat suara di 127 kabupaten/kota dan jumlah surat suara yang belum sesuai di 61 kabupaten/kota.

Permasalahan yang sama juga ditemukan dalam distribusi logistik pemilu di luar negeri (LN). Bawaslu mencatat adanya surat suara yang tidak tepat jumlah di 29 PPLN, kelebihan surat suara di 32 PPLN, dan kelebihan surat suara untuk TPS LN di 14 PPLN.

Ada juga masalah kelebihan surat suara untuk kotak suara keliling (KSK) yang tersebar di tiga PPLN. Selain itu juga kelebihan surat suara untuk metode POS di 3 PPLN, kekurangan surat suara di 20 PPLN, dan kerusakan surat suara di 39 PPLN.

Editor: Dardani