Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemenhub Gelar Mudik Gratis ke 11 Kota untuk Mengurai Kemacetan
Oleh : Redaksi
Minggu | 24-12-2023 | 12:05 WIB
kemenhub_mudik.jpg Honda-Batam
Kemenhub mengadakan mudik gratis selama masa liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan mengadakan program mudik gratis ke 11 kota (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berupaya mengurangi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas selama masa liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan mengadakan program mudik gratis ke 11 kota.

Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub, Robby Kurniawan, menyatakan program ini merupakan bentuk kepedulian dan kehadiran negara untuk memfasilitasi masyarakat.

"Ini adalah sebagai bentuk kepedulian dan kehadiran negara untuk memfasilitasi masyarakat, semoga program ini dapat bermanfaat dan juga dapat mengurangi tingkat kecelakaan yang akan terjadi selama masa Natal dan Tahun Baru," kata Robby Kurniawan saat melepas bus mudik gratis di Terminal Pulogebang Jakarta Timur, Sabtu (23/12/2023).

Robby Kurniawan menjelaskan bahwa tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas mendorong Menteri Perhubungan, atas arahan Presiden, untuk mengambil kebijakan ini.

Dia mengapresiasi semua pihak, termasuk Organda, TNI-Polri, Dinas Perhubungan, serta pihak terkait lainnya yang telah mendukung dan melaksanakan program mudik gratis dengan baik.

Plt Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Suharto juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru ini dilakukan setelah melalui masa Covid-19, memperhatikan hasil survei BKT.

"Mudik gratis ini untuk memberikan pelayanan sekaligus ini demi menjaga ketertiban. Kami juga sudah berkali-kali mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor, karena tingkat fatalitas paling tinggi adalah penggunaan sepeda motor," tutur Suharto.

Mudik gratis ini ditujukan ke 11 kota, yaitu Semarang, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Cilacap, Purwokerto, Wonosobo, Surabaya, Kediri, Malang, dan Madiun. Rencananya, kuota mudik gratis mencakup 3.600 peserta dengan 90 unit bus.

Bus tersebut terbagi menjadi 27 bus yang diberangkatkan dari Terminal Kampung Rambutan dan 63 bus diberangkatkan dari Terminal Terpadu Pulogebang pada waktu yang sama.

Selain program mudik gratis, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat juga menyediakan sarana truk pengangkut sepeda motor yang telah diberangkatkan pada tanggal 22 Desember 2023 dari Terminal tipe A Pondok Cabe Kota Tangerang.

Editor: Dardani