Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kuota Batal Ditambah, Agen Haji Singapura Rugi Rp92 M
Oleh : Redaksi/M
Senin | 24-09-2012 | 10:19 WIB

SINGAPURA, batamtoday - Akibat penambahan kuota haji tahun ini tidak diberikan pemeirntah Arab Saudi, agen resmi penjualan paket haji Singapura mengalami kerugian hingga S$12 juta atau berkisar RP92,4 miliar. 


Demikian disampaikan Presiden Asosiasi Agen Wisata Islam Singapura (Amtas), Ust Tengku Mohd Fouzy Tengku Mahid.

"Dari total haji yang direncanakan sebanyak 2,180 ternyata yang bisa diberangkatkan dan diberikan visa hanya 680, tentu saja 1500 yang gagal ini membuat kerugia yang cukup besar bagi agen resmi yang ditunjuk pemerintah,"katanya dikutip dari Cyberita Asia, Senin(24/9/2012). 

Dijelaskan Tengku Mohd Fouzy, kerugian dihitung dari rata-rata biaya paket sebesar S$8000 setiap jemaah. Angka itu sendiri belum termasuk biaya penerbangan. 

"Bahkan sejumlah agen telah memesan hotel dan penginapan di Arab Saudi. Semua itu sudah dibayar lunas dan tentu saja pihak hotel tidak akan mengembalikan pembayaran terssebut," ujarnya. 

Untuk itu, lanjut Tengku Mohd Fouzy, anggota GSA terpaksa menjual murah hotel yang dipesan tersebut ke agensi lain dari luar negeri. Tentu saja harga yang dipatok lebih rendah dari harga sebenarnya. 

"Ini untuk meminimalisir total kerugian yang dialami agensi Singapura, dimana sudah kami perkirakan sebesar S$12 juta,"pungkasnya.