Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggota Pewarta Foto Indonesia Kepri Ikuti Latihan Menyelam
Oleh : irw/yp
Sabtu | 22-09-2012 | 19:19 WIB


BATAM, batamtoday - Sejumlah fotografer dari berbagai media massa di Batam yang tergabung dalam Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kepri mengadakan latihan menyelam di kolam renang Hotel Vista, Sabtu (22/9/2012).


Pelatihan ini dibimbing tiga instruktur selam, yakni Dive Master Eureka Adventure Ramses Firdaus, Kepala UPT (unit pelaksana teknis) KKP (kawasan konservasi perairan) Dinas Kelautan Perikanan Perikanan, dan Kehutanan (KP2K) Batam Hamdayani dan Desman Wardi (KP2K Batam).

"Untuk pertama, kami berikan materi pengenalan alat dan penguasaan alat di kolam dulu," kata Ramses, yang juga dosen Biologi Konservasi FKIP Unrika.

Latihan pertama diawali dengan pemanasan dan setelah selanjutnya Ramses dan Hamdayani memberi arahan singkat dan mengenalkan alat- alat yang perlu diketahui dan dipahami oleh seorang penyelam pemula.

Seperti regulator, masker, fin, buoyancy control device (BCD), pemberat/weight bell dan baju menyelam/wetsuit.

Menurut Ramses, yang tak kalah penting dalam menyelam adalah perlunya seorang teman saat menyelam.

Alasan utama perlunya seorang teman saat menyelam adalah faktor keselamatan.

"Misalnya saat kita kehabisan oksigen, bermasalah dengan peralatan, atau penyakit sedang kambuh, kita perlu pertolongan seorang teman," kata Ramses.

Ketua PFI Kepri Immanuel Sebayang mengatakan, latihan menyelam ini bertujuan menambah keterampilan pewarta foto agar mahir menyelam untuk pemotretan bawah air (underwater photograpy).

"Kami menyambut baik tawaran dari Dispararbud dan KP2K Pemko Batam ini untuk menambah skill kami dalam mendukung dunia pariwisata Batam terutama potensi bawah lautnya," tutur pria berkacamata yang akrab disapa Noel itu.

Dia berharap, foto-foto yang dihasilkan oleh anggota (PFI) Kepri akan menjadi media promosi yang tujuan akhirnya bisa mendatangkan wisatawan baik domestik dan mancanegara.