Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

430 Personil Yonif Latihan Perang di Sei Beduk
Oleh : kli/ypn
Jum'at | 21-09-2012 | 15:23 WIB

BATAM, batamtoday - Sebanyak 430 prajurit TNI dari Batalyon Infantri (Yonif) 134 Tuah Sakti mengikuti latihan perang selama empat hari di kawasan Sei Beduk, Batam.


Lekol Inf Czi Ahmad Rizal, Komandan Kodim 0136 Batam mengatakan, 430 prajurit TNI Yonif 134 Tuah Sakti telah menjalani latihan uji siap tempur.

Latihan perang ini berlangsung selama empat hari, yakni sejak Selasa (17/9/2012) hingga Jumat (21/9/2012) di lapangan tembak Tanjungpiayu, Seibeduk, Batam.

Para prajurit menjalani pelatihan berbagai teknik seperti lawan penghadangan kendaraan (wandengran) dan lawan penghadangan jalan kaki (wandengjaki).

Selain itu, mereka juga memelajari berbagai teknik perang dan mempersiapkan Basis Operasi Depan (BOD).

Pada hari terakhir latihan, sekaligus acara penutupan, Ahmad Rizal mengatakan, latihan ini untuk meningkatkan profesionalitas setiap prajurit untuk bertempur melawan musuh.

Apalagi selain daerah kepulaun, Batam juga salah satu kota yang berdekatan langsung dengan negara tetangga sehingga perlu dipersiapkan prajurit siap tempur untuk menjaga keutuhan NKRI.

"Latihan ini untuk mempersiapkan semua prajurit yang siap tempur, dalam menjaga keutuhan NKRI khusunya pulau Batam yang berdekatan langsung dengan negara tetangga," katanya.

Wakil Wali Kota Batam Rudi, yang turut hadir dalam acara penutupan, memberikan apresiasi terhadap para prajurit TNI yang mengikuti pelatihan.

Dia juga berharap agar Pemerintah Kota Batam dan TNI dapat membangun komunikasi yang lebih intens.

"Kalau ada sesuatu yang perlu dengan pemerintah bisa kita bicarakan. Pemko Batam sangat terbuka," ujarnya.

Saat acara penutupan latihan uji tempur tersebut, Ahmad Rizal juga menyerahkan penghargaan kepada tamu atau yang dianggap sebagai warga kehormatan seperti pejabat, kepolisian, pengusaha dan petinggi media.