Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dekan FEB Undip Prof Suharnomo Undang Dr Aqua Dwipayana Motivasi Ratusan Tendik
Oleh : Redaksi
Rabu | 06-12-2023 | 08:21 WIB
AQUA-UNDIP.JPG Honda-Batam
Flayer sharing komunikasi dan motivasi bertajuk “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Untuk Mengoptimalkan Kinerja Pegawai”, Selasa (28/11/2023). (Foto: J5NEWSROOM.COM)

BATAMTODAY.COM, Semarang - Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro Prof Suharnomo mengundang Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada ratusan tenaga kependidikan (tendik) yang merupakan jajarannya. Pembicara kawakan itu langsung menyanggupi undangan dari teman akrabnya.

Undangan tersebut disampaikan pada Jumat siang (17/11/2023) seusai Dr Aqua Dwipayana memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kepada para pebisnis sektor perikanan binaan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Provinsi Jawa Tengah.

Sebelumnya mereka telah membicarakan tentang rencana pemberian Sharing Komunikasi dan Motivasi di FEB Universitas Diponegoro. Dr Aqua Dwipayana dengan antusias menyambutnya.

Prof Suharnomo menyampaikan undangan itu sebagai tindak lanjut dari pertemuan mereka pada Rabu siang (4/9/2023) di kantornya, FEB Universitas Diponegoro. Saat mereka diskusi, Dr Aqua Dwipayana menyimak semua yang disampaikannya termasuk program kerjanya sebagai Rektor Universitas Diponegoro masa jabatan 2024-2029.

Banyak hal menarik yang disampaikan Prof Suharnomo terutama mengoptimalkan potensi di internal Universitas Diponegoro dan memaksimalkan sinergi dengan pihak luar. Semuanya realistis dan dapat diwujudkan.

"Insyaallah April 2024 saya dilantik jadi Rektor Universitas Diponegoro. Mohon doa dan dukungan Pak Aqua untuk kesuksesan semua amanah yang diberikan kepada saya," ujar Prof Suharnomo.

Dr Aqua Dwipayana menegaskan siap membantu secara maksimal. Mulainya segera, saat Prof Suharnomo masih jadi Dekan FEB Universitas Diponegoro. Begitu menjabat Rektor Universitas Diponegoro, pemberian Sharing Komunikasi dan Motivasinya secara bertahap bisa dilaksanakan ke semua unit kerja di perguruan tinggi negeri yang dipimpin pria rendah hati tersebut.

"Setelah Pak Suharnomo dilantik jadi Rektor Universitas Diponegoro pada April 2024 mendatang, saya siap untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi ke seluruh unit kerja yang bapak pimpin. Saya yakin semua pegawai membutuhkannya. Jadi silakan Pak Suharnomo jadwalkan," ucap Dr Aqua Dwipayana.

Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) pusat itu sangat mengapresiasi undangan dari Prof Suharnomo. Sharing tersebut merupakan "pemanasan" menjelang pelantikan Dekan FEB Universitas Diponegoro dua periode itu, menjadi Rektor Universitas Diponegoro masa jabatan 2024-2029 pada April tahun depan.

Sangat Penting

Dr Aqua Dwipayana menegaskan keterampilan seperti komunikasi yang efektif, kepemimpinan, kerjasama tim, dan pemecahan masalah sangat penting untuk berhasil dalam dunia modern. Meningkatkan keterampilan ini melalui pelatihan dan pengalaman adalah keniscayaan bagi optimalisasi kinerja pegawai dan produktivitas organisasi.

Penegasan itu disampaikan Dr Aqua Dwipayana menjelang kehadirannya di Kota Semarang, Jawa Tengah. Hanya sejenak beristirahat di kediaman di Bogor pada akhir pekan, setiap awal pekan, pembicara laris ini kembali beraktivitas produktif berkeliling pelosok negeri.

Seperti juga halnya pada awal hari di pekan terakhir November 2023 ini, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut sudah siap kembali menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi.

Pada Selasa 28 November 2023 ini, pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut menyampaikan materi bertajuk "Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Untuk Mengoptimalkan Kinerja Pegawai".

Sharing disampaikan kepada sekira 150 peserta dari tenaga kependidikan (tendik) di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro. Pelaksanaannya di berlangsung di Hall Pertamina FEB Universitas Diponegoro Jl. Prof. Moeljono S. Trastotenojo, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Penyampaian materi akan dilakukan dalam dua sesi yakni Sesi ke-1 mulai pukul 08.00 - 10.00 dan Sesi ke-2: 10.30 - 12.30 WIB.

Selama 18 tahun terakhir, sejak menegaskan atasan satu-satunya hanya Tuhan, hampir setiap hari Dr Aqua Dwipayana keluar kota. Tidak hanya di Indonesia, tapi ke mancanegara. Sampai sekarang pria yang hobi silaturahim itu telah mendatangi 38 provinsi di Indonesia dan 34 negara.

Biasanya Senin dini hari sampai Jumat malam ia di luar kota dan hanya di akhir pekan ada di kediaman di Kota Bogor. Selama lima hari bisa mendatangi 10 daerah. Bahkan pernah lebih dari itu. "Agendanya melaksanakan dua hobi utama saya. Silaturahim ke banyak orang yang latar belakangnya beragam. Juga memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Semuanya saya lakukan dengan niat ibadah, sepenuhnya karena Tuhan," tegas Dr Aqua Dwipayana.

Pria yang hobi silaturahim ini menegaskan bahwa kemampuan komunikasi efektif mesti dikuasai oleh siapapun. "Selain komunikasi, kita juga harus mengedepankan nurani dan sikap rendah hati dalam setiap proses yang berlangsung dalam organisasi. Terlebih yang bergelut dalam bidang pendidikan tersebut," ucap Dr Aqua Dwipayana menegaskan.

Penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim itu menyatakan bahwa meningkatkan kemampuan komunikasi merupakan langkah penting untuk mengoptimalkan kinerja pegawai. Komunikasi yang efektif dapat memperkuat hubungan antarpegawai, meningkatkan kolaborasi, dan memastikan bahwa informasi disampaikan dengan jelas.

Pada bagian lain, Dr Aqua Dwipayana membagikan beberapa langkah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dalam konteks kerja. Pertama berlatih aktif untuk mendengarkan. "Berikan perhatian sepenuhnya saat berbicara dengan rekan kerja. Hindari gangguan seperti ponsel atau e-mail selama percakapan. Juga, tunjukkan bahwa Anda mendengarkan dengan mengangguk atau memberikan umpan balik verbal," ungkap Dr Aqua Dwipayana.

Selanjutnya, tutur pria yang telah memotivasi jutaan orang baik di Indonesia maupun puluhan negara ini, pastikan bahwa pesan yang disampaikan atau diterima telah dipahami dengan baik. Jangan ragu untuk menanyakan pertanyaan atau meminta klarifikasi untuk menghindari kebingungan.

Selain itu, tambah Dr Aqua Dwipayana, ekspresikan diri Anda dengan bahasa tubuh yang positif dan terbuka. Hindari bahasa tubuh yang dapat disalahartikan atau membuat orang lain merasa tidak nyaman. "Pahami juga kapan waktu yang tepat untuk tatap muka, menggunakan e-mail, atau komunikasi tertulis lainnya. Beberapa informasi lebih baik disampaikan secara langsung, sementara yang lain bisa dilakukan melalui pesan tertulis atau e-mail," ujar pria santun dan senang membantu orang lain tersebut.

Dr Aqua Dwipayana juga menekankan pentingnya keterampilan menulis. Keterampilan menulis yang baik, lanjut pria yang sudah mengumrahkan gratis lebih dari 160 orang itu, penting untuk mengkomunikasikan ide dengan jelas. Perhatikan tata bahasa, struktur kalimat, dan kesalahan ejaan.

"Terakhir, berikan umpan balik secara konstruktif tanpa merendahkan. Hindari konflik yang tidak perlu dan fokuslah pada solusi daripada masalah. Kembangkan sikap empati dengan memahami perspektif rekan kerja Anda dan tunjukkan empati terhadap kebutuhan dan keprihatinan mereka. Hal ini membantu membangun hubungan yang lebih kuat dan memudahkan kerjasama," ucap Dr Aqua Dwipayana.

Mantan wartawan harian Jawa Pos ini menegaskan, inti atau pusat dari sebuah pelayanan terletak pada cara berkomunikasi dan saling memahami dalam berinteraksi dengan orang lain dari beragam kalangan. Oleh karena itu, cara bagaimana kita menyampaikan pesan kepada orang yang diajak bicara menjadi sangat penting. Keterampilan komunikasi efektif merupakan syarat mutlak tersampaikannya pesan pelayanan publik tersebut dengan baik.

Pria ramah ini menguraikan tentang prinsip-prinsip komunikasi prima. "Pertama, setiap tindakan dalam pelaksanaan pelayanan berpotensi komunikasi. Kedua, komunikasi bertujuan mempengaruhi, menguasai opini, dan mengajak kerja sama," ujar Dr Aqua Dwipayana

Selanjutnya, kata pria yang suka menolong sesama ini, komunikasi berkepentingan memberikan makna atas setiap interaksi sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dan dapat mewujudkan hubungan yang saling menguntungkan. Serta keempat, semakin dekat hubungan psikososial individu/organisasi terhadap kebutuhan/ keinginan pelanggan, makin efektif komunikasi yang dilakukan.

Tentang FEB Universitas Diponegoro

Sejarah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro yang berdiri pada tanggal 14 Maret 1960 adalah salah satu Fakultas di Universitas Diponegoro, Semarang. Sejak tahun 2011, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro telah berganti nama menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro.

Memiliki 3 Departemen, yakni Departemen Manajemen, Departemen Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dan Departemen Akuntansi. Mempunyai 9 Program Studi dan 1 Program Doktor, antara lain:

  • Departemen Manajemen: Program Studi Manajemen, Program Studi Digital Bisnis dan Program Studi Magister Manajemen.
  • Departemen Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan: Program Studi Ekonomi, Program Studi Ekonomi Islam dan Program Studi Magister Ekonomi.
  • Departemen Akuntansi: Program Studi Akuntansi, Program Studi Magister Akuntansi dan Program Pendidikan Profesi Akuntan.
  • Program Doktor Ekonomi.

Mempunyai jenjang pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktor (S3). Program Magister terdiri dari Magister Manajemen (berdiri tahun 1997), Magister Akuntansi (berdiri tahun 1999) dan Magister Ilmu Ekonomi (berdiri tahun 2000), dan Program Doktor yang telah dibuka sejak tahun 2002. Juga memiliki program profesional yang dinamakan Pendidikan Profesi Akuntan yang didirikan sejak tahun 2003.

Semua program pendidikan di FEB Universitas Diponegoro telah meraih akreditasi 'A' oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia. Selain telah terakreditasi dengan peringkat A BAN-PT, pada bulan November 2020 mendapatkan akreditasi internasional dari lembaga internasional FIBAA yang berpusat di Jerman.

Sejak tahun 2010, Program sarjana telah menempati kampus baru di Jl. Prof. Soedarto, SH. Tembalang, Semarang. Program Pascasarjana dan Profesi Akuntansi tetap menempati di kampus Erlangga, Jl. Erlangga Tengah No. 17 Semarang.

Sejak berdirinya FEB Universitas Diponegoro sampai sekarang ada 18 Dekan yang pernah memimpin yaitu:

  1. Drs. Tjioe Sien Kiong (Periode 1958-1959).
  2. Drs. Moch. Djamdjam (Periode 1959-1961).
  3. Drs. Soehardi (Periode 1961-1965).
  4. Kol. dr. Soewondo (Periode 1965-1966).
  5. Drs. Moch. Tasnim (Tahun 1966).
  6. Prof. Kertonegoro, S.H. (Periode 1966-1967).
  7. Drs. Moch. Djamjam (Periode 1967-1968).
  8. Drs. Soehardi (Periode 1969-1971).
  9. Drs. Soehardjo (Periode 1972-1973).
  10. Drs. Hartowo (Periode 1974-1977).
  11. Drs. Daryono Rahardjo (Periode 1978-1979).
  12. Drs. B. Soenardi (Periode 1980-1986).
  13. Prof. Dr. Soewito (Periode 1986-1992).
  14. Prof. Dr. Suyudi Mangunwihardjo (Periode 1992-1999).
  15. Drs. H. Daryono Rahardjo, M.M. (Periode 1999-2002).
  16. Dr. H.M. Chabachib, M.Si., Akt. (Periode 2002-2010).
  17. Prof. Drs. H. Mohamad Nasir, M.Si., Akt., Ph.D. (Periode 2010-2015).
  18. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. (Periode 2015-2019).
  19. Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. (Periode 2019-sekarang).

Visi dan Misi

Visi:

Fakultas yang berkarakter kewirausahaan yang berperan utama dalam pembangunan yang berdayaubah melalui penelitian, pembelajaran, inovasi, dan kolaborasi dalam ilmu ekonomi dan bisnis.

Misi:

  • Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional di bidang ekonomi dan bisnis yang menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkemampuan IPTEKS tinggi, mandiri, dan mampu berperan secara global.
  • Menghasilkan penelitian-penelitian unggulan yang inovatif dan responsif terhadap dinamika lingkungan, mampu menjadi pemacu perubahan IPTEKS yang memberikan kemaslahatan bagi masyarakat.
  • Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat yang berlandaskan IPTEKS bidang ekonomi dan bisnis yang berlandaskan kearifan lokal.
  • Membangun jejaring dan kerjasama dengan para stakeholder yang relevan dengan pengembangan IPTEKS di bidang ekonomi dan bisnis yang bermanfaat bagi lingkungannya.
  • Menyelenggarakan tata kelola pendidikan tinggi yang profesional, efisien, akuntabel, transparan, dan berkeadilan.

Dekan FEB Undip: Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si.

Nilai-nilai Inti: Disiplin, Pelayanan Prima, Kerja Cepat, Kerja Cerdas, Ramah.

Editor: Dardani