Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ternyata 73 Persen Trafik Internet Dikuasai Bot
Oleh : Redaksi
Jumat | 01-12-2023 | 18:08 WIB
trafik-internet1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pengguna internet ternyata bukan cuma manusia, bahkan, 73% pengguna internet ternyata adalah bot.

Berdasarkan laporan dari platform pemantau penipuan Arkose Labs, 73% trafik internet ke situs dan aplikasi yang dihitung antara Januari 2023 hingga September 2023 ternyata adalah bot.

Bot-bot ini melakukan berbagai aktivitas berbahaya dari mulai penipuan SMS, pengumpulan data pribadi yang tersimpan di laman publik, hingga melakukan pengujian kartu.

Lima aktivitas bot yang paling parah dalam catatan Arkose Labs selama Q3 adalah pencurian akun, scraping, pembuatan akun palsu, manajemen akun, dan penyalahgunaan produk. Kebanyakan aktivitas ini tak berubah sejak Q2, kecuali penyalahgunaan produk yang digantikan oleh pengujian kartu.

Aktivitas bot paling populer adalah penipuan berbasis SMS, dengan peningkatan yang sangat besar, meningkat 2.141% dibanding kuartal sebelumnya. Serangan terhadap call center customer service meningkat 160%.

Lalu soal scrapping, peningkatannya dari Q1 ke Q2 pun tak main-main, mencapai 432%, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Jumat (1/12/2023).

Arkose Labs menyebut serangan bot pintar meningkat 291% pada Q2 dibanding Q1. Data tersebut menurut mereka terjadi karena teknik yang dipakai semakin canggih, yaitu menggunakan machine learning dan AI untuk meniru manusia.

Namun tentunya tak semua bot melakukan aktivitas ilegal. Ada banyak bot yang fungsinya membantu pekerjaan manusia, misalnya meng-index situs untuk mesin pencari ataupun tujuan pengarsipan. Ada juga bot yang mengurus tugas dasar customer service, bahkan ada juga mengurus keperluan media sosial.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha