Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tekuk Spanyol, Jerman Lolos Semifinal Piala Dunia U-17 2023
Oleh : Redaksi
Jumat | 24-11-2023 | 17:56 WIB
Spanyol-Jerman1.jpg Honda-Batam
Jerman berhasil lolos ke semifinal Piala Dunia U-17 2023 usai mengalahkan Spanyol 1-0. (ANTARA)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Jerman berhasil lolos ke semifinal Piala Dunia U-17 2023 usai mengalahkan Spanyol 1-0 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Indonesia, Jumat (24/11/2023).

Spanyol sejatinya tampil lebih dominan di babak pertama namun tak mampu menuntaskan peluang yang dimiliki. Sementara Jerman sesekali menebar ancaman via serangan balik yang juga tak kunjung jadi gol.

Salah satu peluang terbaik Spanyol terjadi di pengujung babak pertama, tepatnya di menit ke-43. Juan Hernandez yang berhasil berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Max Schmitt. Namun, tendangannya masih bisa diblok Schmitt.

Memasuki babak kedua, duel berlangsung lebih seru. Baik Spanyol maupun Jerman sama-sama memeragakan permainan menyerang untuk memecah kebuntuan.

Pada menit ke-53, Guiu mendapat celah melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang tembakannya masih bisa diblok Schmitt yang tampil gemilang.

Semenit kemudian, Jerman balas mengancam. Paris Brunner mencoba meraih umpan terobosan cerdik namun bola lebih dulu disapu penjaga gawang Spanyol Raul Jimenez yang dengan cepat keluar dari sarangnya.

Pelanggaran yang dilakukan Hector Fort kepada Brunner di kotak penalti berujung petaka. Wasit menunjuk titik putih dan berhasil dituntaskan jadi gol oleh Brunner.

Tembakan Brunner ke sisi kiri gawang sukses mengecoh Jimenez yang bergerak ke arah berlawanan. Skor 1-0 untuk keunggulan Jerman.

Spanyol berupaya membalas namun Jerman meningkatkan pola pertahanan mereka hingga ke garis pertahanan lawan. Hal ini membuat Spanyol tak leluasa membangun serangan dari bawah.

Pertahanan rapat Jerman membuat penggawa La Furia Roja cukup frustrasi. Beberapa tembakan spekulasi dari luar kotak penalti coba dijadikan senjata.

Pada menit ke-89, Pablo Lopez yang masuk sebagai pemain pengganti, mendapat celah untuk menembak dari luar kotak. Namun tembakannya masih bisa diamankan Schmitt.

Spanyol kembali menghadirkan peluang berbahaya di masa injury time (90+9') melalui sundulan Jon Martin menyambut umpan silang. Tapi bola masih bisa ditangkap sempurna oleh Schmitt.

Kiper Spanyol Raul Jimenez terpaksa melakukan pelanggaran untuk menghentikan sol run penyerang Jerman. Tak lama kemudian wasit meniup peluit panjang untuk memastikan kemenangan Jerman.

Hasil ini membuat Jerman berhak melaju ke semifinal. Die Panzer nantinya akan berhadapan dengan pemenang duel Brasil vs Argentina yang akan bertanding mulai pukul 19.00 WIB.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha