Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mulai Tahun Depan, Jepang Wajibkan Turis dari Indonesia Tes TBC
Oleh : Redaksi
Sabtu | 18-11-2023 | 17:24 WIB
Ilustrasi-tes-TBC1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah Jepang berencana mewajibkan pelancong dari enam negara, termasuk Indonesia, melakukan tes tuberkulosis (TBC) sebelum masuk wilayahnya mulai 2024.

Menteri Kesehatan Jepang Keizo Takemi mengatakan tes tuberkulosis wajib untuk kunjungan ke Jepang lebih dari tiga bulan.

Melansir The Asahi Shimbun, Jumat (17/11/2023), keenam negara tersebut adalah Filipina, Vietnam, Tiongkok, Indonesia, Nepal dan Myanmar. Takemi mengklaim banyak pasien TBC baru di Jepang berasal dari negara-negara tersebut.

Masyarakat dari enam negara tersebut akan diminta melakukan tes TBC di institusi medis yang ditunjuk pemerintah Jepang sebelum mereka melakukan perjalanan ke Jepang. Jika hasil tes mereka positif, Jepang tidak akan mengeluarkan visa kepada mereka.

Pada 2018 lalu, Pemerintah Jepang sempat memutuskan untuk mewajibkan tes tersebut karena meningkatnya jumlah pasien TBC kelahiran luar negeri di negara mereka. Namun, rencana tersebut tertunda.

"Kami sedang melakukan persiapan implementasi secepatnya. Kami berharap dapat memulainya pada tahun fiskal berikutnya," kata Takemi.

Pada 2021 lalu, jumlah kasus TBC di Jepang telah turun di bawah 10 per 100 ribu penduduk dan menjadikan Jepang sebagai negara "endemis rendah" untuk TBC menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun, Kementerian Kesehatan Jepang mencatat sebanyak 10.235 pasien TBC baru terdaftar di negaranya selama 2022. Sebanyak 11,9 persen pasien TBC baru berasal dari luar negeri, dan rasionya terus meningkat.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha