Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dishub Anambas Pasang Lampu Jalan di 120 Titik
Oleh : jon/ypn
Rabu | 19-09-2012 | 13:14 WIB
Linggis_Silalahi.JPG Honda-Batam
Linggis Silalahi, Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Anambas. Foto: John Munthe

ANAMBAS, batamtoday - Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Anambas akan memasang lampu jalan di seluruh titik yang dianggap rawan, khususnya jalan-jalan raya yang ramai dilalui oleh keendaraan roda dua dan roda empat.


"Untuk jalan raya di Anambas ini kita sudah prioritaskan 120 titik yang dianggap rawan. Kalau mengacu kepada kebutuhan lebih dari itu tapi kita utamakan adalah skala prioritas dan pemasangan kita lakukan secara bertahap,"ujar Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Anambas Linggis Silalahi, Rabu (19/9/2012).

Linggis menambahkan, selain pemasangan lampu jalan pihaknya juga telah merencanakan pembuatan marka jalan di seluruh jalan raya yang ada di Anambas.

Namun pembuatan marka jalan tersebut Dinas Perhubungan mempunyai kendala karena jalan raya masih banyak yang rusak sehingga pemasangan marka jalan terpaksa memilih tempat atau jalan yang layak dibuat marka jalan.

"Pemasangan marka jalan terpaksa sebagian kita pending karena jalannya rusak dan kita akan tetap data dan pasang marka jalan yang sudah layak agar pengendara bisa lebih tertib dan teratur," katanya.

Menurut Linggis, saat ini pihaknya sudah melakukan survei terhadap beberapa titik jalan raya yang termasuk kategori rawan kecelakaan karena tidak ada lampu penerangan jalan, terutama jalan raya yang gelap dan memiliki tikungan tajam ataupun tanjakan.

"Sesuai dengan survei yang kita lakukan dilapangan ada beberapa kategori jalan raya yang dianggap rawan seperti, tanjakan, tikungan tajam. Jalan tersebutlah yang kita prioritaskan untuk pemasangan lampu penerangan jalan apalagi jika aktivitas jalan ramai diginakan oleh masyarakat," kata Linggis.