Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Katanya Sih, Listrik di Batam Aman
Oleh : ypn
Selasa | 18-09-2012 | 18:51 WIB

BATAM, batamtoday - PT PLN Batam mengklaim memiliki kelebihan daya listrik sebesar 133 MW dengan telah beroperasinya PLTU Tanjung Kasam dan sisa daya dari PLTG Panaran.


Agus Subekti, Humas PT PLN Batam mengungkapkan, setelah mengalami kerusakan sejumlah pembangkit di PLTG Panaran beberapa waktu lalu, saat ini pihaknya memiliki kapasitas daya yang sangat memadai.

"Daya listrik di Batam saat ini mengalami surplus hingga 133 megawatt," ujarnya, Selasa (18/9/2012).

Dijelaskannya, sejumlah pembangkit di PLTG Panaran yang rusak saat ini telah selesai diperbaiki sehingga sudah beroperasi normal.

Bahkan dari pembangkit tersebut saat ini PLN Batam mendapatkan sisa daya sebesar 3x8 MW.

Selain itu, dukungan daya listrik juga diperoleh dari PLTU Tanjung Kasam yang sudah mulai beroperasi pada bulan ini dimana pembangkit itu berkapasitas 2x55 MW.

Menurut Agus, total daya listrik terpasang saat ini kurang lebih 400 MW sedangkan keseluruhan daya terpakai pada saat beban puncak sebesar 267 MW.

"Jadi cadangan daya sangat cukup," katanya.

Kalaupun terjadi gangguan, Agus mengatakan hal ini diakibatkan karena kondisi alam atau force mayor seperti petir dan lainnya.

Untuk mengantisipasinya, PLN Batam kata dia akan terus melakukan pemeliharaan jaringan secara rutin.

Selain itu dia juga meminta warga untuk ikut serta menjaga jaringan atau aset milik PT PLN Batam karena menganggap pemadaman sering terjadi akibat pencurian kabel listrik.