Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dilanda Banjir Sepinggang Orang Dewasa

Warga Batu Aji Minta Pemko Batam Serius Tangani Persoalan Banjir
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 07-11-2023 | 11:22 WIB
7-11_banjir-batu-aji_019398238.jpg Honda-Batam
Kondisi banjir di Jalan Pahlawan, Kelurahan Bukit Tempayan, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, Senin (6/11/2023). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kota Batam pada Senin (6/11/2023), mengakibatkan banjir di beberapa lokasi. Terparah di Jalan Pahlawan, Kelurahan Bukit Tempayan, Kecamatan Batu Aji.

Banjir yang terjadi di ruas jalan tepatnya di depan Sekolah Putra Batam itu mencapai sepinggang orang dewasa. Banjir ini sempat membuat arus lalu lintas macet total dan beberapa kendaraan mogok.

Menurut warga sekitar Jalan Pahlawan, banjir itu bukan kali pertama sejak adanya perbaikan jalan yang dilakukan pemerintah. Buruknya sistem drainase dan adanya penyempitan aliran air disinyalir menjadi penyebab utama terjadinya banjir di lokasi itu.

"Saya kemarin kejabak banjir di Jalan Pahlawan, waktu jemput anak pulang sekolah. Saya sampai dorong motor karen genangan air mencapai sepinggang," kata Fitri, salah satu pengendara motor yang melintas di Jalan Pahlawan, Senin (6/11/2023).

Warga lainnya, Tobing, mengatakan genangan air akan semakin parah ketika hujan deras dan air laut tengah pasang. "Kemarin itu air laut pasang, hujan deras, sudah pasti Jalan Pahlawan terendam banjir. Kadang ketinggian air bisa mencapai 1 meter," kata dia, Selasa (7/11/2023).

Dikatakan Tobing, persoalan ini harus segera dicarikan solusinya oleh Pemerintah Kota Batam. "Sistem drainase perlu diperbaiki atau dinormalisasi. Pemerintah harus segera turun tangan," kata dia.

Editor: Gokli