Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penembakan WNI oleh Polisi Malaysia

Pihak Kemenlu Verifikasi Data Muhid Diden
Oleh : ypn
Sabtu | 15-09-2012 | 20:35 WIB

BATAM, batamtoday - Pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) telah menerima berbagai dokumen, bukti dan informasi mengenai data Muhid Diden, yang diduga kuat salah satu korban penembakan Polisi Malaysia, dan akan melakukan proses verifikasi guna keperluan proses pemulangan jenazah ke Batam.


Hal itu dikatakan Jun Kuncoro, Staf Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu usai bertemu dengan keluarga Muhid Diden di Kantor Redaksi batamtoday, Sabtu (15/9/2012).

"Keperluan dokumen Diden sudah lengkap semua, tinggal nunggu prosesnya saja," ujarnya.

Saat bertemu dengan keluarga Mudin Diden beberapa saat sebelumnya, dia mengatakan sudah menerima data seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk proses pemulangan jenazah.

Namun demikian, pihak terlebih dahulu akan melakukan verifikasi data dan dokumen tersebut, terutama mengeceknya ke pihak Imigrasi.

"Kita tinggal mau ngecek ke imigrasi. Kalau sudah clear bahwa memang Diden, baru sudah bisa dipulangkan," jelasnya.

Bila proses tersebut selesai barulah pihak Kemenlu bisa memersiapkan proses pemulangannya.

Kecuali bila terjadi perbedaan data atau keraguan dari pihak keluarga, maka pihak keluarga harus memastikannya dengan melihat jenazah langsung ke Malaysia.

Seperti yang dilakukan oleh pihak Kemenlu yang telah memulangkan jenazah Ahmad Romli alias Mahno dalam waktu singkat karena mendapatkan kepastian identitas jenazah dari istrinya yang langsung melihat jenazah di Malaysia.

"Kenapa jenazah yang dari Surabaya bisa cepat dipulangkan? Karena pihak keluarga melihat langsung (jenazah-red), istrinya ada di sana, jadi cepet sekali," jelas Jun Kuncoro.