Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Memperingati 100 Tahun Disney dan Mendukung Make-A-Wish

Miliki Perhiasan dari Prilly Latuconsina dan Chintya Akemi Keirayuki di Lelang Create 100 Disney
Oleh : Redaksi
Selasa | 17-10-2023 | 12:04 WIB
100-Disney-01.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kalung dan Anting terinspirasi oleh 'The Little Mermaid' karya Prilly Latuconsina. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dalam rangka merayakan 100 tahun Disney, fans di seluruh dunia mulai dapat berpartisipasi di lelang Create 100, dan membawa pulang karya unik dari inspirasi cerita dan karakter Disney.

Lelang global ini menampilkan karya seni dan pengalaman unik sumbangan dari para kreator visionaris ternama dan next generation talent tingkat dunia di industri fesyen, musik, seni, dan lainnya.

Dua kreator visionaris, aktris/produser film Prilly Latuconsina dan seniman mosaik Rubik's Cube Chintya Akemi Keirayuki adalah perwakilan dari Indonesia, yang telah meluncurkan first look karya yang mereka donasikan untuk Create 100 di media sosial beberapa waktu lalu.

Setiap karya yang didonasikan oleh para kreator terinspirasi oleh hubungan pribadi mereka dengan cerita dan karakter dari Disney, Pixar, Marvel, Star Wars, dan 20th Century. Lelang Create 100 dibuka untuk peminat di 18 negara, mulai dari 12 Oktober hingga 30 Oktober 2023. Hasil dari lelang ini akan disumbangkan kepada Make-A-Wish.

Prilly, figur multitalenta yang terkenal berkat karyanya sebagai aktris, penulis, produser dan pengusaha, bergabung dengan deretan tokoh inspiratif dari seluruh dunia mendukung Create 100. Prilly juga dikenal karena kontribusinya di berbagai inisiatif sosial yang bertujuan untuk mempromosikan dan memberdayakan sektor ekonomi kreatif Indonesia yang dinamis.

Bersama Prilly, mewakili next generation talent dari Indonesia adalah Chintya Akemi Keirayuki, seorang seniman mosaik Rubik's Cube yang pernah memecahkan rekor nasional lewat karya mosaik yang menggambarkan Marvel Studios' Super Hero Ant-Man menggunakan lebih dari 1.700 buah Rubik's Cube.

Mengekspresikan bagaimana cerita-cerita klasik Disney mempengaruhi perjalanan kreativitas mereka, Prilly menyumbangkan satu set perhiasan yang terinspirasi oleh The Little Mermaid, dan Chintya mempersembahkan karya mosaik Rubik's Cube yang menggambarkan Mickey Mouse sebagai sorcerer's apprentice.

Berikut adalah karya sumbangan mereka untuk Create 100 dan cerita di baliknya:

Kalung dan Anting Terinspirasi oleh 'The Little Mermaid' Karya Prilly Latuconsina

Terinspirasi oleh karakter Disney ikonik dari 'The Little Mermaid', Ariel, Prilly Latuconsina menuangkan imajinasinya ke dalam sepasang kalung dan anting yang mempesona, yang warnanya diambil dari warna sirip Ariel, yaitu sentuhan biru dan merah muda. Selain itu, sebagai ekspresi cintanya untuk lautan, pantai terindah di Indonesia yakni Pink Beach menjadi inspirasi Prilly dalam memilih warna untuk koleksi aksesorisnya.

"Ketika kecil, saya menonton film The Little Mermaid berulang kali. Bagi saya, karakter Ariel adalah sosok yang kuat, mandiri dan tidak pernah takut untuk menuturkan keinginannya. Ariel juga berani dan tidak ragu mengeksplorasi banyak hal. Karakter ini beresonansi kuat dengan saya, dan sangat menginspirasi saya sebagai seorang perempuan," kata Prilly Latuconsina.

"Untuk Create 100, saya menyumbangkan set perhiasan ini yang terinspirasi oleh The Little Mermaid, dengan warna yang saya ambil dari warna sirip ekor Ariel, yaitu kombinasi warna biru dan merah muda yang elegan. Saya ingin karya ini juga menjadi representasi salah satu destinasi wisata paling indah di Indonesia, yaitu Pink Beach di Nusa Tenggara Timur, agar dunia tahu lebih banyak tentang keindahan Indonesia melalui karya seni."

"Seni bagi saya adalah sebuah jalan untuk imajinasi seseorang. Percayalah pada dirimu sendiri, dan selalu percaya pada imajinasimu," pungkas Prilly.

The Magical Mickey Mouse: 100 to Infinity oleh Chintya Akemi Keirayuki

Terinspirasi oleh Mickey Mouse sebagai sorcerer's apprentice, seniman mosaik Rubik's Cube Chintya Akemi Keirayuki membuat sebuah mosaik yang terbuat dari 1.008 buah Rubik's Cube, di mana angka 100 melambangkan ulang tahun Disney yang ke-100 dan angka 8 mencerminkan simbol ketidakterbatasan atau 'infinity'. Chintya terinspirasi oleh kisah-kisah Disney yang tak lekang oleh waktu, untuk terus menciptakan momen ajaib selama 100 tahun ke depan hingga waktu yang tak terbatas.

Berbagi tentang karya mosaiknya, Chintya berkata, "Ketika kita mendengar nama 'Disney', Mickey Mouse biasanya adalah karakter pertama yang terlintas dalam pikiran. Seni mosaik yang saya buat untuk Create 100 ini terbuat dari tepat 1.008 buah Rubik's Cube. Ada arti khusus di balik angka ini, yaitu angka 100 untuk ulang tahun Disney yang ke-100, dan angka 8 mencerminkan simbol infinity. Harapan saya adalah, pada ulang tahunnya yang ke-100 ini, Disney akan terus memberi kita momen ajaib selama 100 tahun lagi hingga waktu yang tak terbatas."

The Magical Mickey Mouse: 100 to Infinity oleh Chintya Akemi Keirayuki. (Ist)

"Selain itu, banyak orang mungkin bertanya-tanya bagaimana saya bisa menciptakan sesuatu yang spektakuler hanya dengan enam warna yang ada di sebuah Rubik's Cube. Ini merupakan pelajaran yang berarti, yaitu mengingatkan kita bahwa kita tidak boleh menyerah hanya karena merasa dibatasi oleh hal-hal tertentu. Terus berkembang dan terus berkreasi. Hadapi keterbatasan itu dan ubah menjadi kekuatanmu," ujar Chintya.

Karya Prilly dan Chintya ini masing-masing merupakan wujud dari keartistikan mereka, yang juga menyerukan pesan penting bahwa seni mampu melampaui setiap batas, dan dapat menyatukan hati melalui bahasa universal.

Lelang global Create 100 menampilkan karya-karya unik dari kreator visionaris terkemuka di dunia, dan para next generation talent yang bekerja di industri fesyen, musik, seni, dan banyak lagi. Selama Lelang berlangsung di 18 negara sejak 12 Oktober hingga 30 Oktober 2023, para fans di seluruh dunia dapat mengajukan penawaran dan memiliki deretan karya-karya luar biasa yang dilelang di Create 100, termasuk:

  • Black is King catsuit yang dikenakan oleh Beyonce
  • 'CACTUS BUDDY!' karya seni pahat Goofy Fan Club oleh CACTUS PLANT FLEA MARKET
  • Jaket 'Un Nino En La Tierra Del Olvido' oleh Carlos Vives dan Gusi
  • Potret Kate Moss terinspirasi oleh Disney's Tinker Bell oleh David Downton, disumbangkan oleh Charlotte Tilbury
  • 'The Sea Queen Shoe' oleh Christian Louboutim
  • Disney Mickey Mouse [Archival] Sweatshirt oleh Marc Jacobs
  • Hariko papier-mache YODA seukuran aslinya oleh NIGO
  • 'The Pink PP Hulk' oleh Pierpaolo Piccioli, Valentino Creative Director
  • 'NAMASTE MICKEY' oleh Sabyasachi Mukherjee
  • 'The Boy and the Bird' wearable crystal sculpture oleh SCHIAPARELLI BY Daniel Roseberry
  • 'Together Forever' gitar minyak dicat oleh Sebastian Yatra dan Roberta Lobeira
  • Jaket Disney x TH Varsity oleh TOMMY HILFIGER
  • Arsip Inkjet Cetak Kolase Mickey Mouse For Art's Sake oleh Vik Muniz
  • Structural Sorcerer - Patung Sorcerer's Apprentice' Mickey oleh Virgil Abloh Securities, commissioned by Disney and didesain oleh ALASKA ALASKA
  • Dan masih banyak lagi.

Selain itu, Kevin Feige (Marvel Studios), Jennifer Lee (Walt Disney Animation Studios), Jon Landau (Lightstorm Entertainment) dan Pete Docter (Pixar Animation Studios) juga turut menyumbangkan karya sebagai perayaan atas studio dan film mereka masing-masing.

Untuk memperingati inisiatif ini, Disney juga telah mendonasikan US$ 1 juta kepada Make-A-Wish untuk membantu mewujudkan mimpi dan harapan anak-anak dengan penyakit kritis di seluruh dunia.

Selama lebih dari 40 tahun, Disney dan Make-A-Wish telah bekerja sama mengabulkan mimpi dan harapan lebih dari 150.000 anak dengan penyakit kritis di seluruh dunia, dan Disney merasa terhormat menjadi world's top wish granter untuk Make-A-Wish, dan menciptakan perubahan hidup bagi anak-anak tersebut. Berbagai macam mimpi dan harapan yang dikabulkan oleh Disney dan Make-A-Wish termasuk kunjungan ke studio Disney, liburan di taman hiburan dan resort Disney, jumpa fans dengan talenta Disney, pesiar dengan Disney Cruise, dan masih banyak lagi. Karyawan Disney juga banyak yang terlibat aktif sebagai relawan dalam mewujudkan mimpi dan harapan atau wish granting, sebagai orang tua bagi wish kids, atau menjadi bagian dari alumni.

Untuk informasi lengkap terkait lelang Create 100 Disney, karya-karya yang dilelang dan mengajukan penawaran, kunjungi situs [ https://www.disney.id/disney100/create-100 ].

Editor: Gokli