Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Doli Boniara Berharap Pertemuan Sosek Malindo di Melaka Hasilkan Kerjasama Berbagai Bidang
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 09-10-2023 | 17:08 WIB
Sosek-Melindo1.jpg Honda-Batam
Pertemuan Sosial Ekonomi Malaysia-Indonesia (Sosek Malindo) di Melaka. (Istimewa)

BATAMTOTODAY.COM, Batam - Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah Provinsi Kepri, Doli Boniara, saat memimpin Delegasi Provinsi Kepri pada pertemuan Mejlis Mesyuarat Tim Teknik dan sidang ke-19 Sosial Ekonomi Malaysia-Indonesia (Sosek Malindo) berharap bisa menghasilkan kerjasama diberbagai bidang.

Acara tersebut berlangsung di Grand Swiss-Belhotel Melaka, dari tanggal 11-14 September 2023 dan dibuka oleh YBHG Datuk Maslina Binti Baki, Timbalan Setia Usaha Kerajaan (Pengurus) Negeri Melaka.

Sosek Malindo merupakan organisasi bilateral dalam pembangunan sosial ekonomi antara Indonesia Malaysia yang berdiri sejak tahun 1985. Dimana, organisasi ini bertujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayah perbatasan

"Tentunya menjadi momen yang sangat penting dan berbahagia. Kami berharap kerja sama Sosek Malindo ini kedepannya selalu harmoni dan banyak menghasilkan kerja sama di berbagai bidang," ucap Doli Boniara, Senin (9/10/2023).

Doli menjelaskan, pertemuan itu bertujuan menjalin silaturahmi dan membicarakan hal-hal penting terkait sosial, kebudayaan, ekonomi, dan perdagangan, perhubungan, keamanan serta urusan batas negara.

"Sebagaimana tujuan kita bersama, yaitu menjadikan masyarakat di wilayah perbatasan menjadi sejahtera dan maju," ungkap Doli Boniara.

Sebagai Ketua Kelompok Kerja Sosek Malindo tingkat Provinsi Kepri, Doli Baniara menyebutkan, kegiatan yang merupakan pertemuan yang ke-19 ini tentunya menjadi momen yang sangat penting dan berbahagia.

Hal terpenting dari pertemuan ini kata Dia, adalah wujud nyata aksi di lapangan. Dengan begitu, pertemuan tersebut tidak hanya bersifat silaturahmi, akan tetapi memberikan manfaat secara langsung.

Di Indonesia, ada tiga jenjang Sosek atau tiga daerah terkait Sosek ini, yakni, Johor malaka, Riau Kepri dan sosek Malindo Serawak dan Sabah (khusu Kaltara). Hingga saat ini kegiatan yang jenjang daerah sudah terlaksana semua

"Yang kita perjuangkan ini Johor malaka. Tanggal 18 Oktober 2023 mendatang, akan diselenggarakan sosek Nasional, di genting Highlands, ketua delegasi kita dari pusat paling tidak Dirjend kita," ungkapnya.

Acara Ini juga Dihadiri Oleh, Drs. Masrul Kasmy, M.Si Delegasi Provinsi Riau, Datuk Kamaruzaman bin Mamat Delegasi Melaka, Datuk Wira bin Haji Saman Delegasi Johor, dan juga Tim Rombongan Delegasi Dari Malaka, Johor, Riau dan Kepulauan Riau.

Editor: Yudha