Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Bintan Apresiasi OPD di Acara Puncak Penganugerahan Galanova Awards 2023
Oleh : Harjo
Sabtu | 07-10-2023 | 14:24 WIB
Galanova-Bintan.jpg Honda-Batam
Bupati Bintan, Roby Kurniawan bersama Sekda Ronny Kartika dan Kepala OPD penerima penghargaan Galanova Award 2023, Jumat (6/10/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemerintah Kabupaten Bintan kembali memberikan penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melaluka inovasi dan gagasan program yang punya manfaat nyata bagi masyarakat serta pembangunan daerah.

Penghargaan itu diwujudkan dalam penganugerahan Galanova Awards 2023 Kabupaten Bintan, yang digelar di Aula Bandar Seri Bentan, Jumat (06/10/2023).

Kepala Bapelitbang Bintan, Supriyono yang juga Ketua Penyelenggara Galanova Awrds 2023 dalam laporannya menyampaikan, Galanova Awards merupakan pemberian penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah, unit kerja serta kecamatan terinovatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sepanjang tahun 2023.

"Inovasi merupakan kebutuhan dasar bagi pembangunan, inovasi secara kongkrit meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menguatkan kemandirian daerah dengan memanfaatkan kemampuan daerah dalam menggunakan teknologi yang menjadi kunci keberhasilan pembangunan. Oleh karena itu, inovasi menjadi sangat penting dan sebagai penentu keberhasilan menuju era ekonomi modern berdaya saing," jelasnya.

Sementara Bupati Bintan, Roby Kurniawan, memberikan apresiasi kepada seluruh OPD khususnya yang menerima pengjargaan. Dirinya menyampaikan harapan agar seluruh OPD bisa terus eksis dalam melahirkan terobosan-terobosan maupun gagasan sebagai wujud dari sebuah inovasi.

"Inovasi bukan hanya tentang aplikasi, namun dapat berupa pelayanan khususnya kepada masyarakat. Diharapkan seluruh OPD di Bintan dapat terus melakukan inovasi terbaru demi pelayanan dan pembangunan Bintan lebih baik," ungkap Roby.

Para pemenang Galanova Awards 2023 ini terbagi dalam beberapa kategori. Kategori Tata Kelola Pemerintah Daerah Terinovatif diraih Dinas Kelautan dan Perikanan pada posisi pertama. Selanjutnya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah pada posisi kedua dan urutan ketiga ditempati Dinas Lingkungan Hidup.

Kategori Pelayanan Publik Terinovatif, peringkat pertama diraih Dinas Ketenagakerjaan, posisi kedua diisi Dinas Sosial dan peringkat ketiga diraih Dinas Dinas Pendidikan. Sementara kategori Inovasi Bentuk Lainnya Terinovatif, pada posisi pertama diraih Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, urutan kedua Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta urutan ketiga Dinas Pemuda dan Olahraga.

Untuk kategori Puskesmas Terinovatif, juara pertama UPTD Puskesmas Tambelan, juara kedua UPTD Puskesmas Kelong dan posisi ketiga UPTD Puskesmas Teluk Bintan. Kategori Unit Kerja Desa/Kelurahan Terinovatif, posisi pertama diraih Kelurahan Tanjung Uban Selatan, peringkat kedua Desa Mantang Lama dan posiai ketiga diraih Desa Tembeling.

Inovasi Tervaforit diraih Bank Sampah Pemsosmas Tanjung Uban Selatan. Selanjutnya untuk kategori Organisasi Perangkat Daerah Terinovatif peringkat pertama Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, peringkat kedua Badan Pendapatan Daerah, peringkat ketiga Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perinustrian, peringkat keempat Bapelitbang Bintan dan peringkat kelima diraih Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Editor: Gokli