Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dandim Lamongan Kukuhkan Kampung Tanggap Hibernasi di Desa Klagensrampat
Oleh : Redaksi
Jumat | 06-10-2023 | 13:56 WIB
Kampung-Hibernasi.jpg Honda-Batam
Dandim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan, saat mengukuhkan Kampung Hibernasi di Balai Desa Klagensrampat, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Jumat (6/10/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Lamongan - Keberadaan kampung hijau berseri dan berinovasi atau Kampung Hibernasi menyita perhatian sejumlah pihak. Bahkan, keberadaan kampung yang berlokasi di Balai Desa Klagensrampat, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur itu dikukuhkan Dandim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan.

Dijelaskan Dandim, keberadaan Kampung Hibernasi merupakan inovasi yang luar biasa. Pasalnya, langkah itu menunjukkan kemampuan masyarakat untuk bisa mencari solusi terhadap permasalahan yang ada, salah satunya soal kebersihan.

"Kampung hibernasi ini merupakan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, cuaca dan iklim yang berubah-ubah seperti saat ini," ujarnya, Jumat (06/10/2023).

Hibernasi, kata Dandim, memiliki makna yang sangat mendalam. Menurutnya pengukuhan kali ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan kampung hibernasi yang digagas oleh masyarakat. "Sehingga, kampung Klagensrampat ini memiliki ciri khas tersendiri," jelasnya.

Sementara itu, Kades Klagensrampat, Suliono menambahkan jika kampung tersebut juga memiliki keunggulan, salah satunya mengelola sampah menjadi berkah.

Ia berharap, keberadaan kampung hibernasi di Desanya itu bisa dijadikan salah satu Desa wisata yang memiliki ikon sendiri. "Langkah pertama, tentunya membuat master plan atau perencanaan yang matang. 4 bulan ke depan, saya berharap pendampingan dalam pengelolaan sampah," bebernya.

Editor: Gokli