Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tim SAR Lakukan Pecarian

Ujicoba Kapal Prototype, Mahasiswa Poltek Batam Tenggelam di Empang Batam Center
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 25-09-2023 | 19:05 WIB
tim-sar111.jpg Honda-Batam
Tim SAR sedang melakukan pencarian mahasiswa Poltek Batam yang tenggelam di Empang Batam Center. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang mahasiswa Politeknik Batam tenggelam di Empang di samping kantor BPJS Batam Center, Senin (25/9/2023) sore.

Mahasiswa semester III jurusan teknik mesin ini tenggelam saat melakukan ujicoba kapal Protab RC dalam rangka persiapan mengikuti kejuaraan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) yang digelar Kementerian Pendidikan Jakarta.

Ian, salah seorang saksi mata di likasi menyebutkan, kejadian bermula sekitar 16.30 WIB, dua mahasiswa berenang saat mencoba mengambil kapal RC yang terbalik di tengah empang. Melihat dua kawannya tenggelam, mahasiswa lain mencoba menolong menggunakan perahu karet. Namun hanya satu orang yang berhasil diselamatkan.

"Tadi mahasiswa ini melakukan uji coba kapal Prototipe buatan mereka. Namun ketika kapalnya terbalik berada di tengah empang jadi dia mencoba mengambil kapal tersebut," ujar Ian

Ian melanjutkan, dua orang tersebut berenang ketengah empang. Namun karena keram atau kelelahan satu orang temannya meminta tolong kepada teman lainnya. Karena posisi terlalu jauh mahasiswa yang bersama korban tidak sempat menolongnya.

"Temannya juga hampir tenggelam. Melihat dua temannya hampir tenggelam, mahasiswa lainnya mencoba menolong dengan menggunakan perahu karet. Naas, hanya satu yang berhasil di selamatkan," terangnya.

Salah seorang mahasiswi Poltek Batam, Nabila menjelaskan hari ini pihaknya melakukan uji coba kapal cepat tak berawak karena akan mengikuti kompetisi di nasional. Ini kegiatan rutin dari mahasiswa poltek menjalng kompetisi.

Nabila menjelaskan, kegiatan latihan ini rutin setiap tahun dilaksanakan bertujuan untuk mengikuti kejuaraan KKCTBN di Universitas Indonesia (UI) Jakarta.

"Karena akan mengikuti lomba KKCTBN di Jakarta, jadi kami melakukan uji coba kapal buatan kami. Lombanya akan di mulai pada bulan Oktober di Universitas Indonesia (UI) Jakarta," jelasnya.

Hingga berita ini dipublish, pihak kepolisian, Tim SAR dan Tim Penyelamatan BP Batam masih melakukan pencarian keberadaan korban.

Editor: Yudha