Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tambahan Kuota Haji Singapura Ditolak Arab Saudi
Oleh : Redaksi/M
Rabu | 12-09-2012 | 13:19 WIB
Jemaah_Haji_Singapura_-_batamtoday.jpg Honda-Batam
Jemaah haji Singapura saat di Tanah Suci, foto:MUIS

SINGAPURA, batamtoday - Impian pemerintah Singapura untuk menambah kuota haji tahun 2012 ini pupus sudah. Pasalnya pemerintah Arab Saudi tidak mengabulkan permohonan penambahan sebagaimana yang diumumkan secara resmi oleh pemerintah Singapura beberapa waktu lalu.  


Dalam pernyataanya, Majelis Agama Islam Singapura (MUIS) menjelaskan, penolakan penambahan kuota tersebut membuat jumlah jemaah yang akan diberangkatkan tidak mengalami perubahan, yakni 680 orang.

"Pemerintah Arab Saudi beralasan penambahan kuota tidak mungkin dilakukan mengingat terbatasnya jumlah kamar penginapan (hotel.red) yang ada di tanah suci," kata MUIS dikutip batamtoday dari Cyberita Asia, Rabu(12/9/2012).

Padahal sebelumnya pemerintah Singapura melalui Menteri Ehwal Islam, Dr Yaacob Ibrahim, mencoba untuk melakukan pendekatan dengan pemerintah Arab Saudi. Membludaknya jumlah jemaah yang mendaftar, membuat Singapura mengajukan penambahan hingga 2180 orang. Dengan ditolaknya kuota tersebut, maka diperkirakan akan cukup banyak jemaah yang gagal berangkat tahun ini. 

"Penolakan kuota tambahan yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi juga berlaku untuk negara lain yang sebelumnya mengajukan permohonan tambahan yang sama," kata pernyataan MUIS lagi.