Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tenggelam di Kolam Eks Tambang PT Bukit Panglong Kijang, Bocah IA Ditemukan Tak Bernyawa
Oleh : Syajarul Rusydy
Selasa | 19-09-2023 | 12:00 WIB
evakuasi-IA.jpg Honda-Batam
Tim SAR Gabungan saat mengevakuasi jasad bocah perempuan IA dari kolam bekas tambang PT Bukit Panglong Kijang, Selasa (19/9/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Anak perempuan inisial IA (13) akhirnya berhasil ditemukan, setelah dilakukan pencarian di hari kedua, sejak dikabarkan hilang pada Senin (18/9/202) di kolam bekas galian granit PT Bukit Panglong Kijang, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan.

Korban ditemukan pada kedalaman air sekitar 30 meter oleh penyelam dari Tim TRC BPBD Provinsi Kepri, Selasa (19/9/2023).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Slamet Riyadi, mengatakan korban ditemukan sudah dalam keadaan tidak bernyawa oleh penyelam. Kemudian, jasad korban langsung dievakuasi ke perkumaan.

"Korban langsung kita evakuasi ke darat, namun nyawa korban sudah tidak tertolong," sebut Riyadi.

Dalam pencarian korban, upcaya yang dilakukan Tim TRC PB Kabupaten Bintan melaksanakan pencarian dan pertolongan dengan menyisir tepi kolam atau waduk, turun ke waduk dengan menggunakan rubber boat. "Ada 3 tim yang turun menggunakan rubber boat, Basarnas beserta Tim BPBD Provinsi beserta Tim BPBD Bintan masing-masing 1 rubber boat dengan 5 personel," jelasnya.

"Dari hasil penyelamatan, korban berhasil ditemukan dan dievakuasi pada pukul 09.52 WIB. Kemudian korban dilarikan kerumah sakit terdekat untuk diautopsi," imbuh Riyadi.

Adapun unsur yang terlibat dalam pencarian korban, yakni TRC BPBD Kabupaten Bintan, Kansar Tanjungpinang, Tim BPBD Provinsi Kepri, Polres Bintan, Polairud Bintan, Polsek Bintan Timur, TAGANA, PMI Bintan, Pramuka Bintan dan relawan serta masyarakat lainnya.

Editor: Gokli