Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PT BIB Siap Berkolaborasi Wujudkan Keamanan Bandara Hang Nadim
Oleh : Aldy
Jum\'at | 08-09-2023 | 11:24 WIB
Rapat-Komite-3.jpg Honda-Batam
PT Bandara Internasional Batam (BIB) menggelar rapat Komite Kemanan yang ke-3, Kamis (7/9/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk mewujudkan keamanan yang handal, PT Bandara Internasional Batam (BIB) menggelar rapat Komite Kemanan atau airport security committee (ASC) Meeting ke-3, Kamis (7/9/2023).

Rapat Komite Kemanan ke-3 ini merupakan tindak lanjut rapat kedua pada awal Juni 2023 lalu. Hal ini sejalan dengan rencana pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, aspek keamanan dan keselamatan penerbangan menjadi prioritas utama dalam industri penerbangan untuk melindungi penumpang, personel, dan aset-aset kritikal.

Usai penyelenggaraan Airport Security Committee (ASC) Meeting kedua pada awal Juni 2023 lalu. PT BIB kembali menyelenggarakan ASC Meeting yang ketiga bersama dengan seluruh anggota komite yang juga tergabung sebagai komunitas Bandara, Kamis (7/9/2023).

Hal ini sesuai berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia nomor KM 211 tahun 2020 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional (PKPN), pertemuan Airport Security Committee (ASC) Meeting diadakan 4 kali dalam setahun.

Kegiatan koordinasi terpadu ini melibatkan seluruh entitas dalam operasi kebandarudaraan untuk memastikan seluruh entitas bandar udara memahami pentingnya mengambil tindakan pengamanan yang sesuai dengan program keamanan bandar udara.

Direktur Operasi PT Bandara Internasional Batam (BIB), Nugroho Jati, menyampaikan dengan meningkatnya trafik, mobilitas pengguna jasa, serta aktivitas penerbangan khususnya di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam maka akan berpotensi meningkatnya tingkat keamanan di bandara. "Oleh karena itu, mendorong kita semua khususnya Anggota Komite Keamanan Bandara semakin sadar terhadap pentingnya keamanan penerbangan," ujar Nugroho Jati, saat membuka rapat.

Lanjut Nugroho, dengan diselenggarakannya Airport Security Committee (ASC) Meeting ketiga di tahun 2023 ini, diharapkan menjadi momentum kolaborasi, koordinasi, komunikasi, serta kerjasama yang baik dari seluruh entitas Bandar Udara Internasional Hang Nadim. "Sehingga kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penerbangan dapat terjamin bagi pengguna jasa bandara," katanya.

Pertemuan Airport Security Committee (ASC) Meeting tersebut telah dihadiri seluruh Anggota Komite Keamanan Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam, yang terdiri dari instansi terkait (Danlanud Hang Nadim, Kapolresta Barelang, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Kepri, Komandan Lantamal IV Batam, Kepala BNNP Kepri, Direktur Pengamanan Aset BP Batam, Komandan Timsus Bais TNI Perwakilan Batam, Komandan Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe B Batam, Kepala Kantor Imigrasi Batam, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Kapolsek Kawasan Bandara Hang Nadim).

Kegiatan tersebut juga dihadiri stakeholder terkait (Direktur PT Batam Aero Teknik, Direktur PT Gemalindo Support, Direktur PT Persero Batam, General Manager PT Gapura Angkasa Cabang Batam, Manager Perum LPPNPI Cabang Batam, General Manager PT Garuda Indonesia Batam, Station Manager PT Citilink Indonesia Batam, Station Manager Lion Air Group Batam, Station Manager PT NAM Air Batam, Operation Head Airfast Indonesia, Base Coordinator PT Asi Pudjiastuti Batam, Operation Head DPPU Pertamina Cabang Hang Nadim) dan Vice President terkait, Airport Duty Manager PT Bandara Internasional Batam.

Pertemuan Komite Keamanan Bandara adalah forum penting di mana para pemangku kepentingan dapat berdiskusi, berkolaborasi, dan merencanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga keamanan di Bandara, khususnya di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam.

Tidak hanya itu, ASC Meeting juga bertujuan untuk memeriksa dan mengevaluasi status keamanan Bandara saat ini, termasuk kemungkinan risiko atau ancaman keamanan yang mungkin ada. Sejalan dengan hal tersebut, dalam kesempatan ini PT BIB sebagai pengelola baru Bandara Internasional Hang Nadim juga melakukan updeting terhadap Keanggotaan Komite Keamanan Bandara yang telah terbentuk sebelumnya, mengingat telah terjadi perubahan terhadap pengelolaan Bandar Udara yang semula dari BUBU Hang Nadim menjadi BUBU Bandara Internasional Batam (BUBU BIB).

Untuk itu, diperlukan adanya penyesuaian dalam susunan Keanggotaan Komite Keamanan Bandara guna penyelarasan dalam dokumen keamanan Bandar Udara Internasional Hang Nadim.

Secara teknis, Manajemen PT BIB akan merencanakan dan membentuk kelompok kerja (working group) untuk membuat suatu perencanaan, baik itu untuk kebutuhan pengamanan, penyelerasan kebijakan, komando dan pengendalian serta rencana-rencana lain yang bersifat strategis yang digunakan sebagai acuan dalam menjalankan operasional pengamanan dan keteraturan di bandar udara guna mendukung terlaksananya Program Keamanan Penerbangan Nasional.

Sementara Vice President Corporate Secretary PT BIB, Aidhil P Julian, mengungkapan manajemen PT BIB telah siap dalam perencanaan atau langkah-langkah keamanan yang akan diambil untuk mengatasi ancaman dan risiko yang dapat terjadi di bandara.

Komunikasi dan koordinasi yang efektif dengan stakeholder dan instansi yang terlibat dalam Anggota Komite Keamanan Bandara serta pihak lainnya juga sudah terakomodir dengan baik. "Edukasi dan Sosialisasi terhadap Keamanan Penerbangan kepada seluruh karyawan yang bekerja di lingkungan Bandar Udara Internasional Hang Nadim juga sudah dilakukan, guna memastikan bahwa semua orang dapat memahami peran dalam menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan," pungkasnya.

Editor: Gokli