Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Cara Terintegrasi ke SATUSEHAT bagi Fasyankes dan Penyedia Rekam Medis Elektronik
Oleh : Redaksi
Rabu | 06-09-2023 | 13:12 WIB
Satusehat.jpg Honda-Batam
SATUSEHAT, sebuah platform konektivitas data, analisis, dan layanan untuk mendukung integrasi antar aplikasi dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kemenkes mengupayakan transformasi digitalisasi layanan kesehatan melalui SATUSEHAT, sebuah platform konektivitas data, analisis, dan layanan untuk mendukung integrasi antar aplikasi dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

Nantinya, pasien tidak perlu berulang-ulang mengisi formulir baru saat berpindah fasyankes. Melalui SATUSEHAT, pasien juga bisa mendapatkan informasi mengenai kondisi kesehatannya secara lebih transparan.

Pemerintah terus mengejar target implementasi Rekam Medis Elektronik (RME) sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) nomor 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis.

Chief of Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes RI, Setiaji, menerangkan platform integrasi ini dibuat melalui proses yang panjang. Mulai dari perencanaan, jajak pendapat dari para ahli hingga uji coba fase alpha dan beta dengan peserta dari beragam latar belakang institusi. Seperti rumah sakit, laboratorium, health-tech, farmasi, klinik mandiri, praktisi hingga akademisi.

"Hingga saat ini sebanyak 792 rumah sakit hingga puskesmas telah tergabung dalam SATUSEHAT platform dan terus bertambah, masyarakat bisa mengakses daftarnya di https://satusehat.kemkes.go.id/platform/healthcare-list," jelas Setiaji, demikian dikutip laman Kemenkes, Senin (4/9/2023).

Adapun sebagai informasi bagi fasyankes dan penyedia RME yang telah terdaftar SATUSEHAT Platform dapat diakses melalui https://satusehat.kemkes.go.id/platform/system-rme-list.

Upaya ini menjadi bagian dari percepatan adopsi teknologi untuk mencapai satu data kesehatan, sekaligus kemudahan dalam pemanfaatan data yang akurat dan efisien. Hal ini juga sejalan dengan transformasi kesehatan pada pilar enam.

Pihaknya meminta agar seluruh fasyankes serta penyedia RME untuk segera mendaftar dan tergabung dalam SATUSEHAT Platform. Informasi lebih lanjut bagi fasyankes serta penyedia RME yang ingin tergabung dapat mengakses https://link.kemkes.go.id/integrasiSATUSEHAT.

Editor: Gokli