Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sedikitnya 10 Anak di Tanjungpinang Terjangkit Flu Singapura
Oleh : Devi Handani
Minggu | 27-08-2023 | 10:05 WIB
endang_abdullah1.jpg Honda-Batam
akil Walikota Tanjungpinang, Endang Abdullah (Foto: Devi Handani)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kota Tanjungpinang kini tengah dihebohkan dengan adanya virus flu Singapura. Hingga saat ini, sedikitnya 10 anak-anak di Kota Tanjungpinang sudah terjangkit.

Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Elfiani Sandri.

Endang Abdullah mengatakan, terkait Flu Singapura ada beberapa kasus yang sudah ada di Tanjungpinang. Sedikitnya 10 orang anak-anak sudah terjangkit.

"Hal ini menjadi perhatian kami, khususnya Pemko Tanjungpinang, untuk terus mengingatkan masyarakat jangan menjadi ketakutan dan kewaspadaan masyarakat karena Flu Singapura ini tidak krisis jadi kita hadapi seperti flu biasa," katanya.

"Kami juga tetap mengontrol sampai sejauh mana tingkat prevalensinya untuk flu tersebut dan bagaimana penanganannya, yang jelas jika ada masyarakat yang terkena Flu langsung saja datang ke tempat layanan kesehatan. Flu itu virus jadi kemungkinan dengan istirahat pun tetap bisa sembuh," tambahnya.

Sementara itu, Kadinkes Kota Tanjungpinang, Elfianti Sandri menjelaskan pada umumnya yang terkena Flu Singapura ini adalah balita, dikarenakan balita tidak memiliki cukup imun yang kuat.

"Kalau flu itu biasanya ada peningkatan pada suhu tubuh kita, seperti masalah pernafasan, demam, sakir tenggorokan, dan rata-rata balita yang mudah terjangkit karena memang pada umumnya imun pada balita belum terlalu kuat," jelasnya.

"Untuk masyarakat kami harap jangan khawatir, jika anak-anak kita sudah ada gejala Flu langsung saja di bawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Warga Tanjungpinang jangan khawatir terhadap Flu Singapura ini, karena kami tetap akan selalu memantau dan mewaspadai agar virus ini tidak merambat," tutupnya.

Editor: Surya